Pendidikan

Ciamis Kekurangan PNS Bidang Pendidikan, Sebanyak 80 Peserta Ikut Latsar CPNS

Senin, 05 April 2021 - 14:15 | 23.27k
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan Ciamis masih kekurangan PNS bidang pendidikan (foto: Humas Kabupaten Ciamis)
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan Ciamis masih kekurangan PNS bidang pendidikan (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Sebanyak 80 peserta mengikuti Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) mulai Senin (5/4/2021) hingga Selasa (11/5/2021). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ciamis menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis masih kekurangan tenaga PNS dalam bidang pendidikan.

"Banyak sekolah yang PNS-nya cuma satu orang. Apalagi, Kabupaten Ciamis telah kehilangan 6000 lebih ASN (Aparatur Sipil Negara). Tepatnya, itu setelah lepasnya Kabupaten Pangandaran dan setiap tahunnya juga banyak yang telah pensiun, sehingga menambah kekurangan ASN," tutur Herdiat Sunarya, Senin (5/4/2021).

Latsar CPNS ini tidak hanya kewajiban bagi CPNS untuk menjadi PNS tetap. Selain itu, ini sebagai pembentukan karakter dalam upaya meningkatkan kompetensi CPNS.

"Maka, mari kita bersama-sama menyatukan persepsi untuk mewujudkan visi dan misi Ciamis. Jadi, semua SKPD harus saling berkolaborasi terintegrasi dalam mewujudkan atau mencapai visi dan misi Ciamis yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Ciamis 2019-2024," paparnya.

Sementara, Kepala BKPSDM Ciamis, Yeyet Trisnayati menjelaskan, Latsar CPNS ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS secara terintegrasi. "80 peserta ini telah melakukan tes swab sebelum mengikuti Latsar CPNS," jelasnya.

Target pelaksanaan kegiatan Latsar yaitu selama 51 hari. Cara pelaksanaannya secara on campus dan off campus.

Jadi, bagi on campus mulai tanggal 5 April sampai 24 April 2021. Off campus dari tempat kerjanya masing-masing mulai tanggal 25 sampai 8 Juni 2021, lalu on campus kembali tanggal 9-11Juni 2021.

"Jadi, pelaksanaan Latsar CPNS secara klasikal ini yaitu selama kurang lebih 21 hari. Para pesertanya juga selama itu mengikuti asrama di BKPSDM Ciamis. Selain itu, non-klasikal selama 30 hari kerja berada di tempat kerjanya," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES