Olahraga

Fabio Quartararo Optimistis Pertahankan Performa

Senin, 05 April 2021 - 13:05 | 34.61k
Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)
Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, merasa lega setelah berhasil tampil gemilang dalam laga MotoGP 2021, di Sirkuit Losail Qatar, Minggu (4/4/2021). Hasil MotoGP 2021 Doha, Quartararo berhasil menjadi juara pertama, setelah mengambil alih pimpinan balap pada Lap 19.

Start kelima, Quartararo dengan telaten menjalani balapan. Meski sempat melorot di posisi ke-9 pada enam lap pertama, secara perlahan ia melakukan aksi salip di pertengahan balap, dan mencapai posisi 4 pada Lap 15.

Pada Lap 17, usai Pecco Bagnaia melebar, Quartararo naik ke posisi ketiga dan langsung memburu duet Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco. Mesin Ducati yang sangat cepat di trek lurus pun tak jadi masalah, karena Quartararo lebih lincah di atas M1 di tikungan, dan hanya butuh dua lap untuk menyalip Martin dan Zarco.

Quartararo tak menyangka bisa langsung menang pada balapan kedua musim ini. Sebab, ia mengaku sulit beradaptasi dengan sasis terbaru Yamaha pada uji coba pramusim. Meski begitu, El Diablo mampu mempertahankan ritme yang baik pada sesi latihan bebas keempat (FP4) dan ini membuatnya yakin punya kans menang.

"Dalam uji coba, situasi kami sulit, dan saya bilang, 'Wah,' karena Ducati sangat cepat di trek lurus dan ritmenya baik, jadi bakal sulit mengalahkan mereka. Namun, sebenarnya Anda hanya harus fokus pada diri sendiri dan coba jadi yang terbaik, dan inilah yang kami lakukan hari ini. Hasil ini bikin saya makin percaya diri menghadapi masa depan," ujarnya kepada Crash.net.

Seperti diketahui, Sirkuit Losail sangat bersahabat dengan Yamaha, terbukti dari 14 podium dan delapan kemenangan yang mereka raih di sana sejak 2004. Quartararo mengakui karakter trek ini mendukung kelincahan M1 di tikungan, namun ia merasakan sensasi yang sangat nyaman, hal yang tak ia rasakan sebelumnya.

"Memang benar trek ini memberi banyak bantuan kepada kami untuk melakukan banyak aksi salip yang baik, seperti di Tikungan 3. Tapi saya memang nyaman mengendarai motor kami. Begitu juga di Tikungan 8, 9, 10, dan 15. Alhasil, saya sangat percaya diri ketika menyalip, meski Anda takkan pernah tahu apa yang akan terjadi," tuturnya.

Quartararo pun menyebutkan lebih percaya diri dibandingkan tahun lalu, karena motor yang lebih bagus. 

"Motor yang sekarang, saya lebih percaya pada ban depan, hingga bisa berkendara menuju limit. Kami punya ini semua di Qatar, semoga bertahan," pungkas Quartararo.

Berdasarkan hasil MotoGP 2021 Doha, pembalap Prancis ini berhasil menempati posisi kedua pada klasemen pembalap dengan koleksi 36 poin, tertinggal empat poin dari Zarco yang ada di puncak. Balapan berikutnya akan digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 15-18 April 2021 mendatang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES