Pendidikan

Muktamar Pemikiran Dosen PMII, Akademisi Harus Berikan Aksi Nyata untuk Negara

Senin, 05 April 2021 - 08:14 | 18.68k
Ketua Panitia Muktamar Pemikiran Dosen PMII¸ Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. (Foto: M. Noor Harisudin for TIMES Indonesia)
Ketua Panitia Muktamar Pemikiran Dosen PMII¸ Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. (Foto: M. Noor Harisudin for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Dosen Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan menggelar Muktamar Pemikiran Dosen PMII pada 5 - 7 April 2021 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Kegiatan tersebut digelar sebagai respon para intelektual tanah air yang lahir dari rahim PMII untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 mendatang.

Ketua Panitia Muktamar Pemikiran Dosen PMII¸ Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. mengatakan bahwa acara tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) dosen PMII yang mumpuni, namun kurang terorganisir.

"Perlu diadakan sebuah kegiatan untuk mempertemukan berbagai pemikiran, kemudian dipetakan serta didistribusikan pada pos-pos tertentu. Sesuai dengan keahlian bidang dan keunggulan pada setiap konsen yang ada," ujar Prof Haris, sapaan akrab Harisudin kepada TIMES Indonesia, Minggu (4/4/2021) malam.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Muktamar itu sebagai wahana merajut tali silaturahmi antar-Dosen PMII se-Indonesia di tengah berbagai kesibukan dan rutinitas yang lain. 

Pria yang dipercaya sebagai Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia ini juga menerangkan, hal yang tidak kalah prinsipil dalam Muktamar ini, bahwa Dosen PMII harus memberikan kontribusi nyata pada Indonesia Emas 2045 nanti. 

"Selama ini, kami hanya bertemu di grup WhatsApp dan hanya selesai di konsep saja tanpa aksi kongkrit. Makanya, Muktamar ini merupakan tindak lanjut dari diskusi panjang kemudian dirumuskan secara kongkrit, soal kontribusi apa yang akan diberikan kepada negara untuk Indonesia Emas 2045 nanti," ujarnya.

Ditanya tentang bagaimana peran dosen alumni PMII dalam kiprah pendidikan di Indonesia saat ini, Prof Haris menilai bahwa peran para dosen alumni PMII selama ini cukup bagus.

Salah satu indikatornya, banyak dari mereka terserap di berbagai Perguruan Tinggi. Sebagian menjadi rektor dan Guru Besar. 

"Kami ingin, SDM yang ada ini lebih memberi kontribusi khususnya pada Indonesia dan dunia pada umumnya. Juga kami ingin stok SDM unggul yang merata di segala bidang seperti hukum, agama, pendidikan, politik, ekonomi, sains, teknologi, keamanan, dan sebagainya," imbuhnya.

Untuk diketahui, Muktamar Pemikiran Dosen PMII digelar pada 5 - 7 April 2021 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES