News Commerce Indonesia Bangkit

Siap Terjun di Masyarakat, 29 Mahasiswa PPD FK Unusa Resmi Dilantik dan Disumpah

Minggu, 04 April 2021 - 22:25 | 37.87k
Acara Pelantikan dan Sumpah Dokter Angkatan Ke-1 Periode 1 Tahun 2021 yang diikuti 29 mahasiswa Program Profesi Dokter (PPD) FK Unusa, Minggu (4/4/2021). (FOTO: Dok.Humas Unusa)
Acara Pelantikan dan Sumpah Dokter Angkatan Ke-1 Periode 1 Tahun 2021 yang diikuti 29 mahasiswa Program Profesi Dokter (PPD) FK Unusa, Minggu (4/4/2021). (FOTO: Dok.Humas Unusa)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Senat Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Nahdltul Ulama Surabaya (FK Unusa) menggelar Acara Pelantikan dan Sumpah Dokter Angkatan Ke-1 Periode 1 Tahun 2021 yang diikuti 29 mahasiswa Program Profesi Dokter (PPD) FK Unusa.

Mereka telah menyelesaikan Kepaniteraan Klinik dan telah dinyatakan lulus Ujian Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Periode bulan Februari 2021.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, dalam sambutannya mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah ini adalah awal untuk beberapa tahap lanjutan di bidang kedokteran, masih banyak jenjang pendidikan lanjutan baik spesialisasi maupun magister yang bisa dilalui.

Pelantikan-dan-Sumpah-Dokter-Angkatan-2.jpg

”Setelah pengambilan sumpah, para dokter baru harus menyiapkan diri untuk menjalankan program Internship selama 1 tahun di tempat pilihan masing-masing,” ungkapnya, Minggu (4/4/2021) di Auditorium Lantai 9 Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya.

Jazidie juga menambahkan bahwa FK Unusa selalu berbenah untuk menjadi lebih baik dengan menyiapkan program-program yang dirancang khusus untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas serta siap bersaing dimanapun dia bertugas.

"Saya berpesan agar setiap lulusan tetap menjaga nama baik sendiri, orang tua, profesi dan almamater, jika sudah terjun ke masyarakat, dan tetap mengamalkan seluruh sumpah yang telah dilafalkan saat pelantikan," tambahnya.

Pria yang murah senyum ini mengungkapkan bahwa PPD FK Unusa angkatan 1 lulus 100 persen dalam UKMPPD. Ia menyambut gembira dan bangga atas prestasi mahasiswa FK ini. Sepengetahuannya, tidak semua mahasiswa program profesi dokter, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang mampu lulus 100 persen untuk kategori first takers-nya.

“Lebih menggembirakan lagi, tahun lalu Program Studi Profesi Dokter Unusa sudah terakreditasi B. Selain itu, Prodi S1 Pendidikan Dokter juga sudah terakreditasi B. Capaian akreditasi ini diraih sebelum mahasiswa lulus. Dengan demikian, para lulusan FK Unusa bisa memperoleh kesempatan untuk melanjutkan Program Studi Spesialis Dokter di FK Universitas terkemuka manapun di Indonesia,” katanya.

Sekretaris 3 IDI Surabaya, dr. Hilman Siregar menjelaskan dengan adanya dokter baru dari Unusa, Organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya menerima sepenuh hati dokter baru ini. Nantinya dokter baru akan menjalani Internship lebih dahulu sebelum melanjutkan profesi dokter yang diinginkan. "Setelah Internship, dokter baru bisa melanjutkan ambil spesialis atau bahkan menjadi dokter umum," terangnya.

Pelantikan-dan-Sumpah-Dokter-Angkatan-3.jpg

Kebutuhan dokter di daerah memang sangat besar, dengan adanya dokter baru dari Unusa, Hilman berharap bisa memenuhi kebutuhan dokter di daerah.

"Perumusan dalam penyebaran kebutuhan dokter di daerah harus duduk bersama antara pemerintah provinsi daerah dan pemerintah kota, agar tetap sasran serta dokter baru mau ditempatkan dan betah di daerah yang saat ini dirasa masih kurang," ucap Hilman.

Sementara itu, Dekan Fakuktas Kedokteran (FK) Unusa, Dr. dr. Handayani, M.Kes memastikan 29 dokter baru dari Unusa ini, nantinya akan menjalani Internship. Setelah itu, dokter baru bisa mengambil pendidikan lanjutan atau mengambil spesialis. "Bahkan dokter baru bisa mengabdi di pondok pesantren tempat dokter ini sekolah dahulu," jelasnya.

Handayani menjelaskan nantinya dokter baru juga bisa bekerja di rumah sakit jejaring Nahdlatul Ulama yang ada di seluruh Indonesia. "Kami berharap lulusan ini harus siap untuk ditempatkan dimana saja sebagai upaya memenuhi kebutuhan dokter di daerah ," jelasnya.

Salah satu lulusan dokter baru FK Unusa, dr Nuris Umi Rizqi mengaku sudah tidak sabar untuk menjalani Internship agar dapat membantu kesehatan di masyarakat. "Kami siap untuk diterjukan dimana pun dalam membantu kesehatan masyarakat yang memang membutuhkan bantuan kami," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES