Gaya Hidup Indonesia Bangkit

Seho Dive Ajak Warga Lindungi dan Lestarikan Laut Taliabu

Minggu, 04 April 2021 - 22:06 | 104.87k
Seho Dive Ajak Generasi muda Jaga Laut (FOTO: Dok Seho Dive for TIMES Indonesia)
Seho Dive Ajak Generasi muda Jaga Laut (FOTO: Dok Seho Dive for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, TALIABU – Komunitas selam Seho Dive Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara mengajak instansi dan seluruh lapisan masyarakat untuk melindungi dan melestarikan kekayaan dan keindahan bawa laut Taliabu.

Beberapa waktu lalu, Seho Dive membuat dialog yang diangkat dengan tema Rencana Pencadangan Konservsi Perairan di Kabupaten Pulau Taliabu. Dalam dialog yang digelar ini, Seho Dive mengahadirkan Dinas Kelautan dan Perikanan Taliabu (DKP), Pol Airud Polda Malut, Dinas Parawisata, Aktivis Lingkungan, Pemuda Pancasila.

Seho-Dive-Ajak-Generasi-muda-Jaga-Laut-2.jpg

Seho dive memaparkan masalah dan potensi yang ada di wilayah perairan laut Taliabu. Komunitas peduli laut ini menjelaskan bagaimana Taliabu dengan kekayaan dan keindahan yang dimiliki harus dilindungi dan dikembangkan.

“Dari hasil observasi bawah laut,  Seho Dive menemukan banyak kerusakan terumbu karang akibat ulah masyarakat yang mengguanakan metode penangkapan ikan yang salah, yakni dengan mengunakan peledak yang dirakit sendiri," Kata  Husen Tualeka atau biasa disapa Glen Minggu (4/4/2021) kepada TIMES Indonesia.

Seho-Dive-Ajak-Generasi-muda-Jaga-Laut-3.jpg

Selain cara penangkapan yang salah oleh oknum nelayan, Seho juga menyoroti aktifitas penangkapan biota laut yang masuk dalam hewan yang dilindungi. Misalkan Penyu Belimbing, Ikan Pari dan Ikan Hiu yang tangkap oleh nelayan untuk dijual juga untuk dikonsumsi.

Seho Dive berharap ada rekonstruksi ulang dengan kegiatan transplantasi terumbu karang. Langkah itu harus diambil jika potensi bawah laut Taliabu ingin diperbaiki. Harapannya kedepan nanti, bawah laut Taliabu dijadikan sebagai wahan wisata yang memiliki nilai jual yang tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES