Pendidikan

Polinema Berharap Kuliah Tatap Muka Segera Dilaksanakan

Minggu, 04 April 2021 - 19:37 | 66.93k
Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik Polinema Supriatna Adhisuwignjo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik Polinema Supriatna Adhisuwignjo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik Negeri Malang (Polinema) mulai menyiapkan perkuliahan semi tatap muka, yakni sistem hybrid. Sistem ini merupakan kombinasi antara offline dan online.

Polinema menyiapkan hal itu untuk kemudian diterapkan saat semester ganjil pada Agustus 2021. Beberapa mahasiswa juga disebut banyak yang mengharapkan perkuliahan tatap muka.

Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik Polinema, Supriatna Adhisuwignjo mengatakan pihaknya melakukan beberapa upaya antisipasi jika situasi dan kondisi Covid-19 di Kota Malang membaik.

"Jadi kita untuk semester depan sedang mengupayakan minimal bisa hybrid. Masalah nanti dilaksanakan full offline apa tidak, kita juga masih menunggu perkembangan dari situasi dan kondisi di Kota Malang," katanya.

Pihaknya tetap berharap kondisi pandemi Covid-19 ini segara berakhir sehingga pembelajaran tatap muka bisa dilangsungkan. Ia pun sepakat jika pembelajaran jarak jauh dengan jaringan internet kurang optimal.

Sementara banyak mahasiswa yang juga sangat mengharapkan dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka.

"Kalau memungkinkan kita bisa full offline, ya itu yang kita harapkan. Tapi kita tetap menyiapkan kemungkinan terburuk adalah hybrid. Jadi nanti terutama untuk yang praktek akan kita arahkan untuk bisa offline," tandasnya.

Pihaknya akan memastikan keberlangsungan pembelajaran semester depan akan tetap berjalan baik tatap muka maupun virtual. Saat ini pihaknya juga tengah mengembangkan pembelajaran laboratoriun secara virtual.

"Jadi kami juga menyiapkan baik daring maupun luringnya. Saat ini kita juga mengembangkan untuk paling tidak 5 laboratorium yang kita coba untuk divirtualkan. Jadi namanya virtual lab, kita akan menyiapkan untuk mengantisipasi jika pada pembelajaran nanti terpaksa harus online," bebernya.

Untuk kepastiannya, Polinema tetap menunggu kebijakan dari Pemerintah terkait pembelajaran tatap muka di lingkungan kampus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES