Gaya Hidup UIN Malang

Hindari Teman yang Toxic, Psikolog UIN Maliki Malang: Kenali Lima Ciri dan Sifatnya

Minggu, 04 April 2021 - 14:00 | 87.05k
Elok Halimatus, Dosen Psikologi, UIN Maliki Malang. (Foto: Elok Halimatus For TIMES Indonesia)
Elok Halimatus, Dosen Psikologi, UIN Maliki Malang. (Foto: Elok Halimatus For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Dr. Elok Halimatus Sa'diyah M.Si, menuturkan teman yang toxic tak memiliki kontribusi positif bagi kehidupan kita. Bahkan hanya memberikan kontribusi negatif pada kehidupan kita.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Sehingga kita dibuatnya tidak nyaman berteman dengan dia dan menghambat pertumbuhan positif dari dalam diri kita," ujar Elok kepada TIMES Indonesia, Minggu (4/4/2021) .

Elok Halimatus membagi 5 ciri teman toxic yang bisa kita kenali. 

1. Emosional

Teman yang yang emosional bisa ditandai dengan baperan, sensitif, dan berlebihan dalam berekspresi. Hal kecil bisa membuatnya menjadi marah dan tersinggung sehingga tidak bisa diajak curhat, bercanda, apalagi membicarakan sesuatu hal yang sifatnya cukup sensitif. Berteman dengan teman seperti ini akan membuat kita menghabiskan tenaga untuk mengerti perasaan dia.

2. Kebanyakan Drama

Dia sering membuat dirinya menjadi pusat perhatian dari orang lain. Dan teman yang banyak drama penuh dengan kepura-puraan. Sehingga teman yang kebanyakan drama ini tidak akan melegakan ketika diajak curhat karena semua harus berkaitan dengan dirinya sebagai pusat pembicaraan. Sehingga kita akan capek sendiri untuk memahami dia.

3. Egois

Teman yang egois tidak banyak memberikan perhatian kepada orang lain. Dia berusaha menguras perhatian banyak orang untuk selalu memperhatikan dirinya.  Sehingga hubungan pertemanan tidak berprinsip pada saling karena orang lain dituntut untuk memperhatikan dia. Dan egois ini sifatnya manipulatif.

4. Suka mengritik negatif

Kritik dengan menggunakan cara yang baik akan menghasilkan kritik yang positif dan itu baik untuk kita. Lain halnya dengan kritik yang sifatnya memaksa untuk mengikuti apa yang dia omongkan. Sehingga kita dituntut untuk mengikuti apa yang dia mau. 

5. Suka menjebak

Teman yang suka menjebak ke dalam masalah-masalah juga merupakan ciri teman yang toxic. Suka menjerumuskan ke hal yang negatif yang membuat kita tidak menjadi pribadi yang tumbuh. Kalau kita sudah sadar, teman yang suka menjebak ini harus segera diputus mata rantainya dan segera beralih pada orang yang bisa memberikan dukungan positif dalam pengembangan diri kita sebagai manusia.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Itulah 5 ciri teman yang toxic ala Elok Halimatus, Dosen Psikologi, UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES