Wisata

Kabupaten Pangandaran Jadi Tujuan Wisatawan Saat Liburan Akhir Pekan

Minggu, 04 April 2021 - 13:00 | 84.85k
Suasana liburan di pantai Batu Karas, Kecamatan Cijulang (Foto : Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Suasana liburan di pantai Batu Karas, Kecamatan Cijulang (Foto : Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Objek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berlibur di akhir pekan.

Berdasarkan data dari situs resmi Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, tercatat sebanyak 35.609.459 wisatawan melakukan aktivitas berwisata ke berbagai objek wisata di Jawa Barat.

Untuk data kunjungan wisata yang memilih tujuan Kabupaten Pangandaran tercatat sebanyak 3.939.992 kunjungan. Pengunjung yang datang ke Pangandaran bisa melakukan perjalanan wisata ke berbagai lokasi dari mulai sentra kuliner, objek wisata pantai dan wisata alam air pegunungan.

Wisatawan yang melakukan aktivitas wisata di Jawa Barat sebagian besar menuju keempat daerah di antaranya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung dan Kabupaten Garut.

Salah satu pelaku usaha wisata Sunendar mengatakan, setelah kondisi pandemi Covid-19 kini aktivitas pariwisata mulai menggeliat. "Harapan kami dengan adanya pengunjung datang ke Pangandaran menjadi salah satu pemulihan ekonomi masyarakat," kata Sunendar, Minggu (4/4/2021).

Sunendar berharap, wisatawan yang berwisata ke Pangandaran di masa pandemi Covid-19 untuk selalu mematuhi aturan protokol kesehatan.

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa jadi pilihan liburan di antaranya :

1. Pantai Batukaras

pantai-Batu-Karas-2.jpg

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang indah, berada di Kecamatan Cijulang.

2. Green Canyon

Destinasi wisata Green Canyon, objek wisata dengan nama Green Canyon ini berada di Kecamatan Cijulang sebelum Pantai Batukaras.

3. Pantai Batu Hiu

Sebuah pantai dengan tebing cukup terjal yang memiliki pemandangan lepas ke arah Samudera Hindia. Batu Hiu berjarak sekitar 14 kilometer dari Pantai Pangandaran, pantai ini berada di Kecamatan Parigi.

4. Pantai Karapyak

Di pantai Karapyak ini wisatawan bisa melakukan aktivitas pantai melihat biota laut, memancing, dan berkemah atau hanya menikmati pemandangan di sekitarnya. Pantai Karapyak berada di Kecamatan Kalipucang sebelum Pantai Karangnini.

5. Pantai Karangnini

Terletak pada areal hutan produksi Perum Perhutani, di jalur wisata menuju pantai Pangandaran, menjorok ke dalam area sekitar 2,5 kilometer. Pantai Karangnini berada di Kecamatan Kalipucang sebelum Pantai Pangandaran.

6. Pantai Barat Pangandaran

Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Pantai Pangandaran memang sudah sejak lama menjadi kunjungan paling favorit.

7. Pantai Timur Pangandaran

Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, banyak wisata menyaksikan matahari terbit di pantai sini.

8. Pasir Putih Pangandaran

Pantai Pasir Putih Pangandaran merupakan pantai yang berada di pantai selatan di wilayah Pangandaran, dimana obyek wisata Pangandaran menjadi salah satu primadona.

9. Pantai Madasari

Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecilnya berpadu dengan hijaunya daratan masawah dan berada pula oleh batu-batu karang. Pantai Madasari berada di Kecamatan Cimerak, lokasinya setelah Pantai Batukaras.

10. Santirah River Tubing

Tubing Sungai Santirah terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dari Pangandaran berjarak sekitar 15 kilometer. Di sini wisatawan dapat mencoba nyali menikmati keindahan sungai berdinding karang.

11. Pepedan Hill

Terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran dan menempuh jarak kurang lebih 1 jam dari Pangandaran.

12. Citumang (Lembah Hijau)

Obyek wisata alam Citumang merupakan obyek wisata yang memiliki daya tarik khusus, yaitu sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati. Wisatawan dapat menyaksikan spot indah dan menguji mental dan dibutuhkan keberanian. Destinasi wisata Citumang berada di Kecamatan Parigi.

13. Wisata Goa Sutra Reregan

Wisata Goa Reregan Berlokasi di Dusun Salakambang, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Goa Sutra Reregan banyak menyimpan peninggalan alam yang benar-benar alami.

14. Ciwayang Rafting

Wisata yang mengedepankan tagline Objek wisata air penguji andrenalin di Cikoranji-Cigugur ini lokaisnya berada di Kecamatan Cigugur. Destinasi ini sangat indah terutama dinding-dindingnya berukir alami.

15. TWA Cagar Alam

Merupakan kawasan konservasi wana wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani, terdapat goa-goa dan kawasan karst yang masih alami. Lokasinya berada di Obyek Wista Pantai Pangandaran.

16. Museum Nyamuk

Museum Nyamuk merupakan salah satu program wisata ilmiah yang ditawarkan oleh Loka Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Balitbangkes Kemenkes. Lokasi museum ini berada di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

17. Curug Taringgul (Green Jorge)

Curug Taringgul merupakan sebuah sungai yang lembah dan relief bebatuan yang menawan yang menawarkan wisata Body Rafting.

18. Konservasi Penyu

Obyek wisata Pangandaran merupakan obyek wisata yang terkenal dengan keindahan pantai, wisata sungai dan juga wisata pegunungan. Selain itu, bila wisatawan ingin berkunjung melihat langsung hewan yang dilindungi, lokasinya berada di Pantai Batu Hiu Kecamatan Parigi.

19. Goa Lanang Selasari

Goa Lanang berada di sekitar Kabupaten Pangandaran. Disebut goa lanang karena didalamnya terdapat bantuan endapan yang berbentuk keindahan alami.

20. Sinjang Lawang

Goa Sinjang Lawang berdiri kokoh dan masif di perbukitan karst yang terletak di Dusun Parinenggang, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkaplancar.

21. Wonderhill Jojogan

Wisatawan bisa melakukan aktivitas air seperti berenang, body rafting, camping, caving atau hanya menikmati pemandangan Kabupaten Pangandaran dari ketinggian. Lokasinya berada di Kecamatan Parigi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES