Ekonomi Indonesia Bangkit

D' Umara Class Berbagi Tips Promosi dengan Pelaku UMKM Madiun

Sabtu, 03 April 2021 - 17:21 | 47.37k
Wiwik Esha Maharani saat menjadi narsum d' Umara Class di kafe Good Father Kota Madiun. (Foto: Romy Tri Setyo Wibowo/TIMES Indonesia)
Wiwik Esha Maharani saat menjadi narsum d' Umara Class di kafe Good Father Kota Madiun. (Foto: Romy Tri Setyo Wibowo/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MADIUN – Masa pandemi tidak menyurutkan UMKM Madiun Raya terus berinovasi. Pelaku UMKM yang tergabung dalam wadah komunitas UMARA (UMKM Madiun Raya) mengadakan pelatihan dan diskusi pengembangan usaha bertajuk Umara D'Class.

Pada sesi yang digelar Sabtu (3/4/2021), hadir Wiwik Esha Maharani inner Tiwul Instan Simbok. Wiwik berbagi tips tentang marketing dan promosi produk UMKM agar menjangkau pasar yang lebih luas.

"Di setiap tempat pameran, seminar, saya selalu melakukan promosi. Dan itu untuk branding dan kita share di media sosial," ujar Wiwik

Wiwik juga menjelaskan tentang produknya Tiwul Instan Simbol yang dikemas untuk semua kebutuhan. Untuk orang tua ia memiliki tambahan seperti rempeyek dan juga keju untuk menyediakan bagi anak-anak muda.

"Yang penting adalah tetap bertahan dan jeli melihat peluang. Dan selalu pantau sosial media untuk meningkatkan wawasan kita mengenal produk luar yang bisa kita aplikasi dengan produk kita " tambah Wiwik.

Salah satu peserta yang bertanya adalah Sumarni. Pelaku UMKM yang memproduksi jamu tersebut menanyakan tentang bagaimana cara branding produknya agar menarik bagi pembeli. Dia juga menambahkan bagaimana melakukan branding jika pembelian sedikit.

Menjawab pertanyaan Jeng Marni sapaan akrabnya Marni tersebut, Wiwik menjelaskan untuk menggunakan stiker dalam kemasannya. Menurutnya stiker sudah cukup untuk melakukan branding bagi usaha yang akan naik daun.

"Desain saya juga dulu tidak seperti sekarang, saya mulai dengan stiker dan nama yang sederhana. Yang terpenting pasar jelas dan marketing terus" jelas Wiwik.

Diskusi tersebut diakhiri dengan pemberian produk dan voucher oleh Wiwik. Bersama dengan Ketua UMARA Masita memberikan apreasiasi kepada peserta. Masita berharap para pelaku UMKM Madiun untuk terus bersemangat dan terus meningkatkan marketing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES