Gaya Hidup

Tips Menguatkan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

Sabtu, 03 April 2021 - 15:06 | 136.86k
Ilustrasi hiking. (Foto: Dok. Healthline)
Ilustrasi hiking. (Foto: Dok. Healthline)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memasuki awal musim kemarau, para pendaki beramai-ramai menyiapkan rencana mendaki gunung. Tentu saja persiapan fisik wajib dipersiapkan sebelum melakukan pendakian.

Di musim pandemi covid-19 ini, beberapa jalur pendakian mulai dibuka. Terbaru Jalur Pendakian Semeru, Gunung Rinjani, dan beberapa gunung lain resmi dibuka pada tanggal 1 April 2021. Sebelumnya Gunung Arjuno-Welirang juga resmi dibuka pada tanggal 27 Maret 2021.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Indonesia dimulai sejak April 2021. Musim kemarau seperti ini digunakan oleh para pendaki gunung untuk kembali gunung.

Nah, kali ini TIMES Indonesia akan membagikan tips berolahraga sebelum melakukan hiking. Terdapat 5 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan agar kondisi tubuh kamu tetap fit selama pendakian.

1. Bersepeda

Selain menyenangkan bersepeda dapat melatih otot kaki dan menguatkan stamina. Kamu juga dapat menghilangkan kepenatan. Jika kamu akan mendaki gunung, cobalah jalur bersepeda yang menanjak. Hal ini agar fisikmu segera terlatih di Medan yang berat.

2. Jogging

Menguatkan Fisik 2ilustrasi jogging (Foto: Dok. Klikdokter)

Lari-lari kecil ini juga patut dicoba. Olahraga sederhana ini dapat membuat stamina anda membaik. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang akan berjalan berjam-jam di atas gunung.

Selain itu jogging dapat melatih otot kaki. Pasalnya ketika anda turun dari gunung, otot kaki akan menahan beban diri anda ketika turun. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, biasakan jogging 1 jam setiap harinya.

3. Berenang

Melakukan aktivitas berenang dapat melatih otot di banyak bagian dari tubuh anda. Selain itu berenang dapat meningkatkan pernafasanmu agar tidak mudah ngos-ngosan. Selain rutin melakukan jogging setiap hari, anda bisa melakukan renang dua kali dalam seminggu.

4. Push Up

Barang bawaan dalam tas carier juga harus dipikirkan. Selain menggunakan otot kaki dan stamina, otot bahu juga perlu dilatih. Hal ini bisa kamu lakukan setiap selesai melakukan jogging. Kamu bisa melakukannya 10 kali setiap selesai melakukan jogging.

5. Pendinginan atau Peregangan

Menguatkan Fisik 3ilustrasi peregangan otot (Foto: Dok. Hallo sehat)

Hal terakhir adalah peregangan atau pendinginan. Peregangan bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki, agar fleksibilitas otot tubuh kamu tetap terjaga. Hal ini bermanfaat agar kamu ketika mendaki gunung tidak gampang cedera. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES