Pendidikan UIN Malang

Jelang Ramadhan, Ini Lima Amalan yang Dianjurkan Dosen IAT UIN Maliki Malang

Sabtu, 03 April 2021 - 13:20 | 32.36k
Dr. Nasrulloh, Lc. M,Th.I., Dosen Prodi IAT UIN Maliki Malang. (Foto: Nasrulloh For TIMES Indonesia)
Dr. Nasrulloh, Lc. M,Th.I., Dosen Prodi IAT UIN Maliki Malang. (Foto: Nasrulloh For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Program Studi Ilmu Al-Qur an dan Tafsir (Prodi IAT), Dr Nasrulloh, Lc M,ThI, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) memaparkan lima amalan yang dapat dilakukan menjelang Ramadhan.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Kepada TIMES Indonesia, Sabtu (3/4/2021) ia menuturkan jika lima amalan itu di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bertaubat

Hendaknya menjelang ramadhan dapat bertaubat kepada Allah SWT karena ramadhan adalah hadiah bagi orang-orang yang beriman. Jadi bagaimana kita bisa mendapatkan hadiah atau hati yang bersih jika gelas hati kita masih kotor. Sehingga amalan pertama yang harus diperbaiki yaitu dengan bertaubat.

2. Menata Niat

Amalan kedua yaitu dengan menata niat karena ramadhan adalah momentum terbaik untuk kita mendapatkan berbagai macam anugerah dari Allah SWT untuk mendapatkan karunia-Nya. Karenanya di Bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan ampunan yang begitu banyak dan besar kepada hamba-hambanya. Dan setiap harinya, akan ada ribuan orang yang dihapuskan namanya dari neraka menjadi ahli surga.

3. Memperbaiki Hubungan dengan Manusia

Memperbaiki hubungan dengan manusia yakni dengan cara saling memaafkan dan menyampaikan maaf ketika kita berbuat salah. Karena dalam suatu hadist dijelaskan, Allah SWT setiap hari senin dan kamis memberi ampunan kepada semua hambanya kecuali dua orang, yaitu orang yang musyrik dan orang yang saling bertikai. Jadi bagaimana mungkin manusia akan memiliki hubungan yang baik dengan Allah sedangkan hubungannya dengan manusia belum baik.

4. Latihan Bersedekah

Amalan yang keempat yaitu membiasakan diri dengan latihan bersedekah. Karena salah satu amalan dari rasululullah orang yang dermawan, ketika di bulan ramadhan beliau lebih dermawan lagi. Karena itu ketika ramadhan hendaknya kita sudah terbiasa dengan dermawan. 

5. Biasakan Sholat Sunnah

Amalan yang kelima yaitu dengan membiasakan diri melakukan sholat sunnah tahajud atau qiyamul lail. Karena di Bulan Ramadhan nilai yang ada nilai lebihnya di waktu sahur yaitu dengan makan sahur dan qiyamul lail. Sehingga hendaknya sebelum Bulan Ramadhan kita sudah terbiasa untuk bangun malam sehingga ketika ramadhan sudah tidak berat.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Mudah-mudahkan kita semua termasuk orang-orang yang dipanjangkan umur, hingga di saat Ramadhan yang akan datang dan yang paling penting adalah kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT ketika Allah mencabut nyawa kita tanpa hisab dan tanpa siksa dengan mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT," ucap Dr Nasrulloh, Lc MThI, Dosen Prodi IAT UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES