Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Jalan Sukses

Sabtu, 03 April 2021 - 08:19 | 47.06k
Noor Shodiq Askandar.
Noor Shodiq Askandar.

TIMESINDONESIA, MALANG – Banyak jalan untuk meraih kesuksesan sahabat ngopi pagi. Bang Haji Rhoma Irama menyebut dengan istilah banyak jalan menuju roma. Anak pesantren biasa menyebut, jika tidak bisa dalam satu jalan, maka ingatlah masih ada tafsir jalan lain yang bisa dimanfaatkan. Artinya, jalan menuju sukses itu dapat dilakukan dengan beragam cara, meski dasar filosofisnya tetaplah sama antara satu dengan lainnya.

Hal pertama yang harus dibuat adalah membangun mimpi yang lebih spesifik agar lebih focus dalam meraihnya. Ini menjadi penting, karena jika mimpinya terlalu banyak, akan dapat membingungkan mana yang ingin diraihnya terlebih dahulu. Kalau sudah demikian, biasanya kemudian langkahnya menjadi kurang tepat sasaran.

Yang kedua adalah istiqomah dalam berusaha seoptimal mungkin. Ingat, tugas manusia adalah berusaha sebaik baiknya. Mulai dari mencari ide, membuat perencanaan, menetapkan prioritas, sampai dengan mengaktualisasikan dalam sebuah upaya nyata yang dilakukan secara terus menerus. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa pekerjaan yang paling baik itu jika dilakukan secara berulang. Dalam ilmu manajemen modern, dalam berusaha itu perlu planning, organising, actuating, dan controlling. Perencanaan, pengorganisasi, aktualisasi dalam kegiatan dan pengawasan yang baik dan melekat adalah paket terbaik dalam mewujudkan mimpi sebagai jalan utama menuju sukses.

Ketiga, jangan pernah berputus asa. Setiap usaha pasti ada pasang surutnya. Manusia juga tidak akan sukses terus menerus. Pasti ada titik dimana kegagalan itu harus dilalui dan diselesaikan. Anggaplah kegagalan itu sebagai cambuk. Anggap juga kegagalan itu cara Allah swt untuk menunjukkan bagaimana kita bisa menghindari kegagalan yang sama di kemudian hari. Dalam setiap kegagalan, setidaknya kita menemukan satu cara untuk menghindarinya dan satu cara untuk bangkit dari keterpurukan.

Saat mengalami kegagalan, segera juga lihat ke bawah, bahwa masih banyak orang yang jauh lebih parah tingkat kegagalannya, masih banyak orang yang jauh dari kata yang disebut sukses, dan lain sebagainya. Setidaknya dengan ini kemudian manusia bisa introspeksi untuk menganalisa dan kemudian berusaha mencari jalan terbaik. Orang yang berputus asa, adalah bagian yang dibenci oleh Allah swt. Selalu yakinlah bahwa keputusan terbaik akan diberikan dan ditentukan oleh Allah swt. Kapan waktunya, tidak ada satupun manusia yang mengetahuinya.

Mimpi, keistiqomahan, dan tidak berputus asa dalam menjalankan usaha adalah jalan terbaik menuju kesuksesan dalam hidup. Tentu tidak hanya ini dan masih banyak factor lainnya yang masih perlu digali sebagai jalan menuju sukses. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ???

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

_______
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES