Olahraga

Punya Gedung Sendiri, Jember Ajukan Diri Jadi Venue Cabor Tenis Meja di Porprov Jatim 2022

Jumat, 02 April 2021 - 22:36 | 72.53k
Atlet tenis meja Jember berlatih menghadapi Porprov Jatim 2022. Latihan dilakukan di gedung khusus tenis meja. (Foto: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)
Atlet tenis meja Jember berlatih menghadapi Porprov Jatim 2022. Latihan dilakukan di gedung khusus tenis meja. (Foto: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov Jatim 2022 mendatang, sejumlah persiapan terus digeber para pengurus cabang olahraga (cabor) di Jember.

Terlebih, Jember akan menjadi salah satu tuan rumah bersama dalam ajang olahraga paling bergengsi di Jawa Timur itu. Selain Jember, tuan rumah Porprov VII adalah Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Salah satu cabor yang cukup optimistis adalah tenis meja.

Bahkan, Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jember, bertekad untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah kejuaraan yang kerap disebut bola ping-pong.

Sementara ini, tuan rumah cabor tenis meja di Porprov VII 2022 telah ditetapkan di Bondowoso.

“Kami mengajukan diri untuk pindah ke Jember, karena kami saat ini sudah memiliki gedung olahraga yang khusus untuk tenis meja. Ini adalah GOR (Gedung Olahraga) yang satu-satunya khusus tenis meja di Jawa Timur," ujar Ketua PTMSI Jember Bambang Siswanto Gunawan di sela-sela memantau latihan bagi para atlet tenis meja di Jember.

Latihan rutin  pada Jumat (2/4/2021) itu digelar di GOR Bima, bersamaan dengan pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan KONI Jember.

Porprov-Jember.jpgPlt Kadispora Jember, Yusuf saat meninjau Monev yang dilakukan oleh Ketua KONI Jember, Abdul Haris Afianto (baju putih) didampingi Ketua PTMSI Jember, Bambang Siswanto. (Foto: Humas KONI Jember for TIMES Indonesia)

GOR yang ada di di Jalan Majapahit, Kelurahan Kaliwates Kidul, Kecamatan Kaliwates itu dimiliki oleh Bambang dan baru selesai dibangun pada Oktober 2020.

“Kami berkomitmen mendukung peningkatan kualitas atlet-atlet olahraga. Khususnya cabor tenis meja,” ujar pria yang akrab dipanggil Pak Kwang –nama asli Tionghoa- itu.

Sejauh ini, PTMSI Jember telah mengajukan permohonan sebagai tuan rumah itu melalui KONI Jember kepada KONI Jatim.

“Kami sudah sangat siap, jika venue (lokasi pertandingan) kompetisi tenis meja di pindah ke sini," ujar pria yang selama ini dikenal sebagai pengusaha apotik ini.

Tak hanya fasilitas, Bambang menegaskan, para atlet tenis meja binaannya sudah sangat siap untuk bertanding.

"Kami sudah siap. Tinggal menunggu hasil. Untuk atlet, kami sering uji tanding, juga kualitas dan prestasi, karena latihan sudah digelar secara rutin,” ujar pria yang juga memimpin cabor Wushu di Jember ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum KONI Jember, Abdul Haris Afianto menyatakan siap untuk mengajukan penawaran tersebut kepada KONI Jatim.

Menurutnya, GOR Bima yang memiliki 10 meja khusus olahraga tenis meja, dan fasilitas pendukung lainnya sudah sangat representatif dijadikan venue cabor tenis meja di Porprov Jatim 2022.

"Untuk yang GOR BIMA ini, nanti kami ajukan dulu. Apakah masih bisa jadi tuan rumah. Apalagi GOR Khusus tenis meja ini, satu-satunya hanya di Jember. Sejauh ini kami menilai sangat layak," tutur Alvin –sapaan akrab Abdul Haris Afianto- di sela-sela monev.

Porprov-Jember-2.jpgPTMSI Jember mengajukan diri menjadi tuan rumah cabor tenis meja Porprov Jatim 2022 yang saat ini masih ditempatkan di Bondowoso. (Foto: Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

Keputusan KONI Jatim yang sebelumnya memilih Bondowoso sebagai venue tenis meja karena saat itu, GOR Bima sebagai gedung khusus tenis meja, belum selesai dibangun.

Status menjadi tuan rumah juga memberikan efek domino terutama di sisi ekonomi.

Seperti bergulirnya ekonomi kerakyatan hingga menggairahkan sektor pariwisata dan okupansi hotel di Jember.

“Dengan menjadi tuan rumah seperti untuk tenis meja, akan banyak keuntungan yang diperoleh Jember. Mulai dari kepercayaan diri secara mental saat bertanding hingga nama daerah juga terangkat,” papar Alvin.

Terkait monev, Alvin juga menegaskan jajarannya selama ini cukup rutin menggelar sesuai ketentuan yang ada.

"Sejauh ini, seluruh cabor di Jember sudah cukup baik, terutama tenis meja. Monev (monitoring and evaluation) yang kami lakukan ini, untuk mengetahui tingkat latihan, tingkat kualitas prestasi, ataupun peringkat dari cabang olahraga yang kami naungi," papar pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini.

Sebelumnya, Alvin juga menjelaskan jajaran KONI Jember sudah melakukan monev di cabang olahraga yang lain.

"Pekan lalu kami sudah monev ke cabor tarung derajat, taekwondo, anggar, dan paralayang di Gunung Manggar. Dua minggu yang lalu Percasi (Catur),” papar mantan Ketua PABBSI (Persatuan Angkat Berat, Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia) Jember ini.

Untuk diketahui, Jember akan menjadi salah satu tuan rumah bersama dalam Porprov Jatim 2022. Selain Jember, tuan rumah ajang olahraga paling bergengsi di Jawa Timur itu adalah Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES