Indonesia Positif

Mengenal Lebih Jauh Ard Yofan, Sosok di Balik Lagu Berjudul 'dr Tirta'

Jumat, 02 April 2021 - 12:50 | 96.24k
cuplikan video musik berjudul dr. Tirta. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
cuplikan video musik berjudul dr. Tirta. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masa pandemi virus Covid-19 mengharuskan berbagai elemen masyarakat untuk bekerja jarak jauh secara virtual atau biasa disebut dengan Work From Home. Dampak adanya kebijakan tersebut mengakibatkan banyaknya waktu luang yang dimiliki ketika di rumah, sehingga tidak sedikit pula masyarakat yang berlomba-lomba mencari kegiatan dan menumbuhkan kreativitasnya agar tetap produktif selama pandemi. Salah satu sosok yang menginspirasi pemusik Indonesia, khususnya Jawa Timur yaitu Ard Yofan.

Sosok bernama lengkap Yofan Ardian Muslim ini merupakan salah satu produser musik asal Kota Malang yang menyalurkan bakat serta kreativitasnya selama pandemi dengan menulis lagu berjudul “dr.Tirta”.

Lagu ini menceritakan tentang dukungannya kepada dr.Tirta yang selalu berusaha mengedukasi masyarakat tentang bahayanya virus covid-19 tanpa pamrih. Tidak hanya itu, lagu ini juga mencerminkan kegelisahannya kepada masyarakat yang masih menyepelekan bahaya virus Covid-19.

Pria berusia 22 tahun yang menyandang gelar sarjana komputer dari Universitas Airlangga ini memiliki hobi bermain musik sejak dini. Rasa cintanya terhadap dunia musik mampu membangkitkan semangatnya untuk fokus berkarir menjadi produser musik ternama. “Saya melihat adanya pergeseran industri musik saat ini lebih dominan pada permainan produksi musik daripada teknik bermain instrument,” jelasnya. 

Pada TIMES Indonesia, Ard Yofan mengisahkan dirinya telah memulai karirnya sebagai freelancer sejak 2016 di bidang sound designing, audio post-production, dan music production. Penikmat musik Ard Yofan tidak hanya dari kalangan masyarakat Indonesia, melainkan sudah menmsuki ranah mancanegara.

Hal tersebut dapat diketahui melalui laman akun Fiverr (yofanardian) miliknya yang mendapat dukungan serta testimoni dari klien luar negeri yang pernah berkolaborasi dengannya. Adanya pengalaman tersebut menunjukkan bahwa kegigihan dan kepiawaian Ard Yofan dalam dunia musik sangat serius dan tidak perlu diragukan lagi.

Selain berkecimpung di dunia musik, Ard Yofan juga merintis karir sebagai content creator yang dapat kita lihat melalui laman Instagram pribadinya, @ard_yofan. Ia memiliki rencana untuk mengembangkan konten tersebut menjadi lebih baik dan lebih memperhatikan sistem managemen konten di seluruh media sosial pribadinya agar lebih tertata dan terkonsep jelas tujuannya.

Tidak hanya itu, Ard Yofan juga aktif berkolaborasi dengan para penyanyi lokal untuk men-cover lagu melalui laman You Tube-nya (Ard Yofan), serta berhasil meliris satu album lofi bertajuk “Heart’s Memories”, satu single kolaborasi dengan penyanyi UK yakni Joe Rogan Hiphop Jam, dan pada awal April 2021 ini ia berhasil menciptakan lagu “dr.Tirta”.

Lagu “dr.Tirta” merupakan single pertamanya dalam bahasa Indonesia yang diciptakan spesial untuk menyampaikan dukungan kepada dr.Tirta dan membantu menyadarkan masyarakat bahwa edukasi yang diberikan oleh dr.Tirta terkait virus Covid-19 ini bukan masalah yang sepele.

Ard Yofan berharap penuh lagu ini bisa viral hingga ke telinga dr.Tirta dan mendapat apresiasi yang baik dari masayarakat luas. Ard Yofan juga memiliki strategi untuk mencapai misinya tersebut, “saya menggaet penonton dengan membuat campaign lewat aplikasi TikTok untuk orang yang sembuh dari virus Covid-19 agar mereka mau menceritakan pengalamannya melalui lagu saya. Kedua, saya bekerja sama dengan selebgram seperti Holao, Debrisumule, dan Ardiansyah untuk membantu mengangkat konten saya,” ujarnya.

Ard Yofan juga memiliki rencana untuk membuat single lainnya yang terbilang fresh dan pastinya sangat dinanti oleh para penggemarnya setelah lagu “dr.Tirta” ini rilis (Klik di sini untuk lagu “dr.Tirta” : https://bit.ly/3rDAod6).

Apapun hasilnya nanti, Ard Yofan berharap seluruh penggemar dan penikmat musiknya akan selalu mendukung dan memberikan semangat untuk karya-karya kreatif lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES