Pendidikan

Rektor Unisma: Guru Menjadi Lokomotif Perubahan

Jumat, 02 April 2021 - 14:52 | 29.77k
Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menegaskan guru merupakan lokomotif perubahan karena perannya yang sangat vital dalam dunia pendidikan serta pembangunan karakter bangsa.

Hal tersebut disampaikan Maskuri dalam Webinar Nasional secara daring melalui platform ZOOM Meeting dan YouTube channel bersama LP Ma'arif PBNU.

Menurutnya, guru harus punya banyak kemampuan agar lembaga pendidikan menjadi lokomotif perubahan, menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Sumbernya adalah kualitas SDM. Jangan berharap dunia pendidikan bisa maju karena hanya didukung laboratorium yang lengkap. Meski lingkungan bersih, gedung megah tapi kalau SDM-nya tidak bagus, jangan berharap bisa unggul," bebernya.

Ia menyampaikan bahwa guru yang bagus adalah mereka yang memiliki kreativitas, inovasi dan bisa menginspirasi lainnya. Guru yang bagus juga dinilai punya konsep out of the box. "Ini yang kami harapkan membawa nuansa Indonesia maju. Karena di dalamnya ada orang-orang hebat," paparnya.

Maskuri menambahkan, bagi dia, guru pula harus memiliki jiwa entrepreneur dan sociopreneur serta kepemimpinan yang kuat. Nantinya siswa akan meniru guru sebagai tauladan.

"Lembaga pendidikan butuh ikon. Siapa ikonnya? Ikonnya adalah gurunya, kepala madrasahnya, para staffnya. Kita harus bisa menarik simpati masyarakat juga," pungkas Rektor Unisma. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES