News Commerce Indonesia Bangkit

Tahukah Anda, Bahan Wedang Uwuh Bisa Jadi Rempah Mandi

Jumat, 02 April 2021 - 09:57 | 78.71k
Bahan-bahan untuk wedang uwuh bisa menjadi rempah mandi yang barkhasiat bagi kulit. (Foto: Wedang Uwuh Good Father Madiun for TIMES Indonesia)
Bahan-bahan untuk wedang uwuh bisa menjadi rempah mandi yang barkhasiat bagi kulit. (Foto: Wedang Uwuh Good Father Madiun for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MADIUNWedang uwuh merupakan minuman  penghangat  tubuh berbahan  aneka  rempah  dan rimpang yang diseduh atau direbus sebelum diminum. Ternyata racikan bahan wedang uwuh juga bisa digunakan sebagai rempah mandi. "Bahan-bahan racikan untuk wedang uwuh bisa diminum atau digunakan untuk berendam. Khasiatnya untuk merawat kulit," jelas Masita, peracik wedang uwuh Good Father Madiun.

Beberapa khasiat  rempah yang ada di Wedang Uwuh Good Father jika dipakai mandi atau berendam di antaranya kayu manis untuk merangsang peredaran darah di permukaan kulit, daun pala  mengurangi peradangan dan iritasi kulit, jahe  sebagai anti oksidan dan anti aging.

Juga ada cengkeh yang bisa mengobati jerawat dan mengatasi kulit berminyak, secang untuk  meremajakan kulit dan mencerahkan kulit, pekak yang mengandung anti oksidan cukup tinggi mampu memudarkan bekas luka dan noda.

Wedang Uwuh Madiun 1

"Ada kapulaga untuk mengatasi alergi kulit serta serai yang bisa mencegah gatal karena gigitan nyamuk, mengatasi tumit kering dan membantu mengurangi ketombe," jelas Masita.

Cara penggunaan rempah wedang uwuh untuk berendam pun cukup mudah. Yaitu dengan merebus semua bahan wedang uwuh beberapa bungkus sesuai kebutuhan, kecuali gula batu.

Setelah mendidih dan semua bahan tercampur rata lalu saring dan masukkan ke dalam ember. Campur dengan air biasa hingga hangat di kulit dan dibuat mandi seperti biasa.

"Jika punya bathtub bisa dipakai untuk berendam," tambah Masita.

Dengan bahan rempah dan dedaunan yang lengkap, wedang uwuh Good Father yang diproduksi di  Jalan Tanjung Raya No 30, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun bisa digunakan sebagai body therapy agar sehat luar dan dalam. Yakni dengan cara diminum sekaligus bisa digunakan untuk rempah mandi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES