Peristiwa Internasional

Peneliti Argentina Temukan Tengkorak Dinosaurus Berumur 85 Juta Tahun

Kamis, 01 April 2021 - 07:47 | 61.35k
Gambaran seorang seniman tentang Llukalkan aliocranianus. (FOTO: BBC/Reuters)
Gambaran seorang seniman tentang Llukalkan aliocranianus. (FOTO: BBC/Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ilmuwan Argentina menemukan tengkorak dinosaurus pemakan daging berukuran besar yang hidup 85 juta tahun yang lalu. Tengkorak itu dijuluki dengan nama "yang menyebabkan ketakutan" dalam bahasa lokal yakni Mapuche.

Para peneliti menemukan sisa-sisa itu di dekat dinosaurus karnivora lain, sesuatu yang mereka katakan sangat tidak biasa.

Dilansir BBC, temuan dari Patagonia itu dipublikasikan pada hari Selasa lalu.

Seperti Tyrannosaurus rex (T-Rex), dinosaurus Llukalkan ini juga berkaki dua dengan lengan yang sangat pendek, tetapi berukuran sedang dibandingkan dengan T-Rex raksasa.

Ia juga memiliki tanduk pendek dan jari-jari kecil. Diperkirakan beratnya antara satu hingga lima ton, sedikit lebih ringan dari gajah Afrika dewasa.

"Itu mungkin predator yang menakutkan, dengan tengkorak besar dan gigitan yang kuat," kata penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology.

"Penemuan tersebut menunjukkan bahwa ia memiliki pendengaran yang lebih baik daripada dinosaurus lain dalam keluarga abelisaurid yang kemungkinan membuatnya menjadi pemburu yang lebih baik," kata ahli paleontolpgi di Universitas Nasional San Luis Argentina, Federico Gianechini kepada kantor berita Reuters.

Ia hidup di bumi selama periode Cretaceous, era terakhir sebelum dinosaurus punah.

Di dekat tengkorak dinosaurus Llukalkhan, ilmuwan Argentina juga menemukan sisa-sisa fosil dinosaurus pemakan daging yang sedikit lebih besar yang disebut Viavenator exxoni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES