Olahraga

IESPA Jember Dorong Terbentuknya Kota Festival Esports Indonesia di Jember

Rabu, 31 Maret 2021 - 10:24 | 62.50k
IESPA.
IESPA.

TIMESINDONESIA, JEMBER – Untuk pertama kalinya, IESPA (Indonesia Esports Association) Jawa Timur akhirnya mengesahkan kepengurusan IESPA Kabupaten Jember.

Hal tersebut tertuang di dalam Surat Keputusan (SK) IESPA Provinsi Jawa Timur bernomor 005/SK.PENGKOT/PN-IESPAJAWATIMUR/2021 tanggal 25 Maret 2021 yang ditandatangani oleh Ketua Umum IESPA Jatim Fuad Bernadi S.Kom.

Ketua Umum IESPA Kabupaten Jember Achmad Fauzi menyambut positif SK penetapan kepengurusan perdana IESPA Jember tersebut.

Fauzi menilai bahwa tingginya animo masyarakat terhadap bidang olahraga Esports (olahraga elektronik) di Jember menjadi alasan utama IESPA perlu terbentuk.

Selain itu, Esports telah menjadi sarana anak muda atau generasi milenial di Jember untuk berkegiatan positif.

Dia mengatakan bahwa tujuan dibentuknya IESPA di Jember salah satunya yakni menjadi lumbung atlet Esports (olahraga elektronik) di Jember.

"Nantinya akan kami kumpulkan semua komunitas esport yang ada di Jember termasuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Esports yang ada di perguruan tinggi," kata Fauzi dalam siaran pers yang ang diterima TIMES Indonesia, Rabu (31/3/2021).

Fauzi menuturkan bahwa Jember memiliki segudang atlet Esports yang patut diperhitungkan. Tidak hanya dalam kejuaraan level nasional, namun juga level internasional

"Atlet Esports Jember dapat menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti kompetisi resmi internasional karena IESPA menjadi bagian dari IESF (International Esports Federation)," ujar dia. 

Fauzi menilai, Esports memiliki prospek cerah dan perlu dikembangkan secara terarah.

"Seperti profesi YouTuber yang tidak dilirik beberapa tahun terakhir, Esports ini akan menjadi profesi yang menjanjikan pula apalagi di era pandemi saat ini. Persepsi ini yang akan kami giring untuk menjadikan Esports di Jember sebagai industri baru yang menjadi bagian dari perkembangan ekonomi kreatif. Dan kami mendukung program pemerintah daerah untuk menarik investor masuk ke bidang ini yang selama ini belum banyak," terang Fauzi.

Tidak hanya akan menjadi industri baru yang mendongkrak perekonomian daerah, Fauzi juga menyakini bahwa Esports akan memberikan dampak positif bagi dunia pariwisata, khususnya di Kabupaten Jember.

"Melalui IESPA ini, kami ingin mendorong Kabupaten Jember menjadi Kota Festival Esports Indonesia," tegasnya.

Sebagai informasi, IESPA (Indonesia Esports Association) merupakan organisasi disiplin olahraga elektronik atau yang dikenal dengan istilah "Esports". IESPA resmi didirikan pada 1 April 2013 sebagai wadah dalam pembinaan dan perwujudan aspirasi, apresiasi, partisipasi, rekreasi, dan prestasi komunitas penggiat Esports di Indonesia.

Untuk memperluas cakupannya di Indonesia, IESPA berhimpun dengan FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). 

Saat ini IESPA terus mengembangkan organisasi dan mempunyai 26 pengurus provinsi di seluruh Indonesia dan akan terus berkembang selanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES