News Commerce Indonesia Bangkit

Jujugan Wisatawan, Citradream Hotel Ajak Nikmati Tari Topeng Cirebon sambil Wisata Budaya

Rabu, 31 Maret 2021 - 12:50 | 82.34k
Tari Topeng khas Cirebon. Tari ini merupakan salah satu ragam budaya kekayaan Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya. (Foto-foto: Citradream Hotel Cirebon for TIMES Indonesia)
Tari Topeng khas Cirebon. Tari ini merupakan salah satu ragam budaya kekayaan Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya. (Foto-foto: Citradream Hotel Cirebon for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, CIREBON – Tari Topeng Cirebon sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh kalangan keraton, namun sekarang bisa ditonton masyarakat umum. Karena itu, jadikan menonton tari ini sebagai salah satu agenda saat mengunjungi Kota Cirebon. Tetapi, jangan lupa sambil menikmati kesenian asli Cirebon ini, untuk menginapnya di Citradream Hotel Cirebon.

Pesan tersebut seperti diungkapkan oleh Indra Darmawan Sumarna, Hotel Manager Citradream Hotel Cirebon. “Citradream Hotel Cirebon selama ini menjadi jujugan wisatawan untuk menginap saat berkunjung di Kota Cirebon untuk menikmati sajian Tari Topeng ataupun aktivitas lainnya,” kata Indra.

Citradream Hotel

Indra pun menceritakan, Tari Topeng Cirebon adalah salah satu tarian di wilayah Kesultanan Cirebon. Tari ini merupakan salah satu budaya kekayaan Indonsia yang memiliki dimonasi kendang dan rebab sebagai ciri khas iringan musiknya.

“Disebut Tari Topeng karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Pada pementasan tari ini, penarinya disebut sebagai dalang, dikarenakan mereka memainkan karakter topeng-topeng tersebut,” ujar Indra.

Menurut Indra, Tari Topeng banyak sekali ragamnya dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari ini dimainkan oleh satu penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Citradream Hotel Kamar

“Thomas Stamford Raffles dalam bukunya The History of Java mendeskripsikan bahwa kesenian topeng Cirebon merupakan penjabaran dari cerita Panji. Di mana dalam satu kelompok kesenian topeng terdiri dari dalang (yang menarasikan kisahnya) dan enam orang pemuda yang mementaskannya diiringi oleh empat orang musisi gamelan (bahasa Cirebon: Wiyaga),”  jelas Indra.

Karena itu, kata Indra melanjutkan, Tari Topeng ini awalnya hanya untuk kalangan Keraton Cirebon, namun dalam perkembangannya sekarang bisa dinikmati kalangan luar keraton.

“Makanya jadikan Tari Topeng sebagai salah satu agendamu bila kamu mengunjungi Cirebon. Dan jangan lupa untuk menginap di Citradream Hotel Cirebon.  Untuk reservasi dan informasi, silakan datang ke lokasi hotel di Jalan Dr Mangunkusumo No 6 Kota Cirebon. Atau melalui telepon 0231 – 8336661, wappin 0812 1000 2256. Bisa juga melalui email [email protected] atau kunjungi website www.citradreamhotel.com,” jelas Indra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES