Kesehatan

Meski Aromanya Menyengat, Ternyata Nutrisi Petai Sangat Bermanfaat Buat Tubuh

Rabu, 31 Maret 2021 - 00:58 | 113.24k
Biji yang bau tetapi memiliki segudang manfaat (Foto-foto: Pinterest/Mark Wiens)
Biji yang bau tetapi memiliki segudang manfaat (Foto-foto: Pinterest/Mark Wiens)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Petai atau biasa disebut pete merupakan sejenis polong-polongan. Tumbuhan yang tersebar luas di Nusantara ini petai bisa disantap dengan sayur maupun dimakan sebagai pendamping sambal.

Dilansir oleh Alodokter pete merupakan biji yang banyak mengandung mineral dan vitamin, serat dan lemak. Selain itu mengandung polifenol, flavanoid, tanin dan superoxide dismutase.

Petai memang berpotensi memberikan manfaat baik untuk kesehatan, namun bukan berarti bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Karena kebutuhan tubuh terdiri macam-macam nutrisi serta vitamin maka disarankan untuk mengonsumsi makanan berbagai jenis.

Kandungan nutrisi dalam petai

Petai a

Meski memiliki bau yang khas dan menyengat, petai mengandung 90-150 kalori. Selain itu, petai juga diketahui mengandung beberapa nutrisi, seperti:

• Protein.
• Karbohidrat.
• Serat.
• Lemak.
• Mineral, seperti kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium, dan tembaga.
• Beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B1, dan vitamin E.

Berikut ini adalah beberapa khasiat yang di dapat ketika mengkonsumsi petai:

1. Mengontrol gula darah

Kandungan B6 di dalam petai merupakan membantu mengontrol gula darah. Salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah adalah petai. Ini berkat kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai yang dapat menjaga agar gula darah tidak melonjak.

2. Menyehatkan pencernaan

Petai merupakan serat yang baik untuk tubuh, pencernaan membutuhkan banyak serat supaya tidak sembelit. Dan makanan ini juga dapat menghambat kita ngemil karena petai ini lama di cerna jadi kita mudah kenyang.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Petai mengandung kalium ini adalah membantu menggerakan otot, sehingga memungkinkan ginjal untuk menyaring darah. Dan menjaga cairan tubuh ini untuk membantu kerja dari ginjal itu sendiri.Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa petai merupakan tanaman dengan kandungan antioksidan yang tinggi, terutama quercetin dan fenolic. 

Pada dasarnya, belum terdapat penelitian medis atau acuan pasti seberapa banyak baiknya jumlah petai dalam satu porsi. Konsumsilah dalam jumlah yang wajar. Misalnya tidak lebih dari 1-2 papan petai, dan sebaiknya tidak dikonsumsi setiap harinya. Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES