Politik

Fraksi PDI Perjuangan Pimpin Pansus RUU Otsus Papua di DPR RI

Selasa, 30 Maret 2021 - 16:36 | 49.59k
Ketua DPR RI Puan Maharani di ruang Fraksi PDI Perjuangan. (FOTO: Dok. Fraksi PDIP).
Ketua DPR RI Puan Maharani di ruang Fraksi PDI Perjuangan. (FOTO: Dok. Fraksi PDIP).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – DPR RI resmi mentapkan susunan Panitia Khusus (Pansus) untuk pembahasan RUU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Provinsi Papua resmi ditetapkan. Pansus RUU Otsus Papua ini akan dipimpin oleh Komarudin Watubun dari Fraksi PDI Perjuangan.

"Selamat, kesepakatan fraksi-fraksi, 9 fraksi, walaupun di awal ada sedikit perbedaan pandangan tapi ketika memasuki tahap kedua, 9 fraksi bulat mendukung kepemimpinan dari unsur Ketua Komarudin PDIP, Wakil Ketua Agung Widiantoro dari Fraksi Golkar, Yan Mandenas Gerindra, Martin Douw PKB," ucap Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (30/3/2021).

Azis menyebut pansus RUU Otsus Papua akan resmi bekerja per hari ini. Pimpinan DPR RI asal Fraksi Golkar ini berharap pembahasan RUU Otsus Papua bisa segera diselesaikan.

"Harapannya RUU ini bisa segera diselesaikan dan mulai bekerja kepada teman-teman yang telah dapat amanah dari fraksi untuk pimpin pansus dan diharapkan mulai kerja hari ini, saya sudah sarankan untuk mulai kerja,"ucapnya.

Azis menyebut pansus nantinya akan membahas seluruh daftar inventarisasi masalah (DIM) bersama pemerintah. Pembahasan RUU tersebut ditargetkan selesai pada 2021.

"Dalam RUU sudah ada, tinggal nanti dalam DIM yang akan jadi bahan, strategi proses yang dibahas salah satu yang berkembang pertama apakah otsus ini dilanjutkan atau tidak, dampaknya," tutur dia.

"Kedua proses pemekaran, baik kabupaten kota provinsi, ketiga strategi pembangunan dan keempat strategi dalam hal lakukan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua," imbuh Azis.

Azis juga menyampaikan terkait isu penambahan provinsi di Papua. Dia menyebut memang akan dibahas rencana penambahan 2 provinsi.

"Terhadap Provinsi Papua memang ada isu yang berkembang untuk lakukan pemekaran pada Papua, yaitu menambah dua provinsi, tapi kita belum jadi kata sepakat karena RUU belum diketok, Apakah akan terjadi? Ya kita tunggu perkembangannya," tuturnya.

Berikut ini susuan keanggotaan Pansus RUU Otsus Papua:

Fraksi PDI Perjuangan:
1. Komarudin Watubun
2. Jimmy Demianus Ijie
3. Mohammad Idham Samawi
4. My Esti Wijayati

5. Darmadi Durianto
6. Masinton Pasaribu
7. Putra Nababan

Fraksi Golkar:
8. Lodewijk F Paulus
9. Hanan A Rozak
10. Agun Gunandjar
11. Trifena M Tinal

Fraksi Gerindra:

12  Habiburokhman
13. Romo HR Muhammad Syafi'i
14. Sodik Mudjahid
15. Yan Permenas Mandenas

Fraksi NasDem:
16. Robert Rouw
17. Sulaeman Hamzah
18. Rico Sia

Fraksi PKB:
19. Marthen Douw
20. Yanuar Prihatin
21. Heru Widodo

Fraksi Partai Demokrat:

22. Anwar Hafid
23. Willem Wandik
24. Vera Febyanthy

Fraksi PKS:
25 Junaidi Auly
26 Rofik Hananto
27 Teddy Setiadi

Fraksi PAN:

28 Nazaruddin Dek Gam
29 Guspardi Gaus

Fraksi PPP:
30. Nurhayati

Demikian susunan Panitia Khusus (Pansus) untuk pembahasan RUU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Provinsi Papua di DPR RI. Pansus RUU Otsus Papua ini akan dipimpin oleh Komarudin Watubun dari Fraksi PDI Perjuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES