Politik

LKPJ RPJMD Ciamis: PAD Masih Rendah, Ini Upaya Pemkab Ciamis

Senin, 29 Maret 2021 - 20:53 | 22.88k
Pembahasan PAD Ciamis bersama DPRD Ciamis dan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)
Pembahasan PAD Ciamis bersama DPRD Ciamis dan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Dalam LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) 2020, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ciamis, PAD (Pendapatan Asli Daerah)-nya masih dinilai rendah. Upaya untuk meningkatkan PAD Ciamis tersebut dibahas bersama dengan berbagai fraksi DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Ciamis, Senin (29/3/2021).

"Berkaitan PAD yang masih rendah, maka saya berupaya mendorong semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk melakukan berbagai terobosan. Hal itu agar meningkatkan kegiatan pelaporan dan koordinasi dengan Pemerintah Pusat serta Pemerintah Provinsi terkait pengalokasian program atau kegiatan serta pendanaannya," ujar Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Herdiat-Sunarya-2.jpgDPRD Ciamis membahas PAD Ciamis yang dinilai masih rendah dan membahas juga upaya untuk meningkatkan PAD. (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis juga selalu berupaya untuk menggali dan mengelola potensi unggulan daerah. Hal itu dengan cara memacu produk unggulan Ciamis yang mampu memenuhi kebutuhan lokal maupun luar Kabupaten Ciamis serta mampu bersaing di pasaran.

"Dalam penanganan pandemi Covid 19, Pemerintah Daerah telah membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid 19. Selain itu juga melakukan Refocusing APBD tahun anggaran 2020 sesuai keputusan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan," jelasnya.

Pembahasan-PAD-Ciamis-bersama-DPRD-Ciamis-dan-Bupati-Ciamis.jpgPembahasan PAD Ciamis di DPRD Ciamis. (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

Pemkab Ciamis juga telah berupaya meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan pendapatan daerah. Dalam kebijakan belanja daerah, pengelolaannya telah diarahkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang dilakukan secara transparan, profesional, dan akuntabel sehingga program kegiatan yang dilaksanakan memiliki nilai dan manfaat.

"Saya juga sangat mengapresiasi kepada seluruh fraksi yang telah memberikan perhatian yang begitu besar terhadap pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Ciamis," paparnya usai membahas upaya meningkatkan PAD Ciamis. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES