Wisata

Goa Tunjang Barat di Pangandaran Tempat Istirahat Pejuang Penyebar Islam

Senin, 29 Maret 2021 - 12:21 | 41.81k
Goa Tunjang Barat di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Goa Tunjang Barat di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANGoa Tunjang Barat atau Goa Cijaringo di Dusun Palumbungan, Blok Cisawah, Desa/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat merupakan tempat istirahat pejuang penyebar agama Islam.

Camat Cigugur, Kabupaten Pangandaran Erik Krisna Yudha mengatakan, salah satu penyebar agama Islam yang sering beristirahat di goa Tunjang Barat adalah KH. Hoer Afandi.

Goa Tunjang Barat 3

"Goa Tunjang Barat ditemukan warga sekitar tahun 1967," kata Erik kepada TIMES Indonesia, Senin (29/3/2021).

Erik menambahkan, goa Tunjang Barat memiliki keunikan dan kemegahan di dalamnya.

"Tampak di dalam goa terdapat pelataran tempat peristirahatan dengan kapasitas daya tampung 300 orang," tambahnya.

Kondisi dalam goa layaknya ruangan sebuah pertemuan yang dilengkapi meja dan dipan yang jadi secara alami dari bahan batu.

"Goa ini memiliki panjang 300 meter dengan lebar 15 meter, sehingga bisa dikategorikan goa termewah jika dibandingkan dengan goa lain yang ada di Kabupaten Pangandaran," jelas Erik.

Para ahli supranatural memiliki keyakinan kalau dalam goa tersebut masih tersimpan benda pusaka yang masih bersifat gaib dan tidak bisa dilihat kasat mata lahir.

"Selain memiliki nilai sejarah, goa Tunjang Barat layak dijadikan objek wisata khusus karena memiliki keindahan yang masih alami," sambung Erik.

Sebelumnya goa Tunjang Barat banyak didatangi oleh orang yang hendak bersemedi, Erik yakin kelak bakal banyak dikunjungi wisatawan.

"Stalaktit batu yang dari bawah ke atas dan stalagnit batu dari atas ke bawah sangat artistik, sehingga jadi daya tarik yang unik," paparnya.

Erik mengaku, sesewaktu warga sering diherankan dengan kejadian aneh di lokasi goa Tunjang Barat. Suatu malam Jumat kliwon ada cahaya yang masuk ke dalam goa yang sempat jadi perbincangan warga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES