Gaya Hidup

Keistimewaan Bulan Sya'ban Bagi Umat Muslim di Dunia

Minggu, 28 Maret 2021 - 22:38 | 80.92k
KH Ma'sum Achmad Hasan selaku penasehat umum Pondok Pesantren Miftahul Huda Utsmaniyyah Ciamis (foto: Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyyah)
KH Ma'sum Achmad Hasan selaku penasehat umum Pondok Pesantren Miftahul Huda Utsmaniyyah Ciamis (foto: Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyyah)

TIMESINDONESIA, CIAMISBulan Sya'ban menjadi bulan yang penuh keistimewaan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Bulan Sya'ban yang berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan ini menjadi bulan diturunkannya ampunan dari Allah SWT.

"Pada malam Nisfu Sya'ban, Allah SWT menurunkan ampunan bagi seluruh hamba yang beriman. Tidak ada amal tertentu yang diperintahkan untuk dilakukan pada malam tersebut. Ini adalah ampunan yang diturunkan Allah SWT begitu saja, sebagai bukti Maha Pengampunnya Allah SWT," tutur KH Ma'sum Achmad Hasan selaku penasehat umum Pondok Pesantren Miftahul Huda Utsmaniyyah, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Minggu (28/3/2021).

Bulan SyabanIlustrasi malam Nisfu Sya'ban (foto: instagram kaoembetawi)

KH Ma'sum menyebutkan hadis keutamaan malam Nisfu Sya'ban. Hadis dari Abu Musa, Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Allah memeriksa (hamba) di malam pertengahan Sya’ban. Dia mengampuni seluruh mahluknya kecuali orang yang musyrik atau bertikai’ (HR Ibnu Majah).

"Maka, untuk mendapat ampunan tersebut, kita harus membersihkan diri dari dua hal, yaitu kemusyrikan dan pertengkaran," jelasnya.

Namun, jika kedua hal tersebut masih ada dalam diri kita, maka ampunan itu akan terlewatkan. Maka, budaya meminta maaf menjelang Ramadan lebih bagus jika dilaksanakan sebelum pertengahan Sya’ban.

"Jadi, semboyan orang beriman di Bulan Sya'ban adalah berlatih dan memperbanyak amal. Jika, bulan Rajab dan Sya’ban kita siapkan sebaik mungkin, maka bulan suci Ramadhan akan menjadi sangat istimewa,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES