News Commerce Indonesia Bangkit

Wow, Panji Coconut Chips Pacitan Lolos Kurasi Pasar Eropa

Minggu, 28 Maret 2021 - 19:56 | 118.74k
Olahan daging buah kelapa dari Pacitan, Panji Coconut Chips saat ini sudah lolos kurasi untuk pasar Eropa. (Foto: Dok Panji Coconut Chips for TIMES Indonesia)
Olahan daging buah kelapa dari Pacitan, Panji Coconut Chips saat ini sudah lolos kurasi untuk pasar Eropa. (Foto: Dok Panji Coconut Chips for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PACITAN – Kelapa adalah tanaman dengan banyak manfaat dan salah satu komoditas unggulan pada sub sektor perkebunan di Kabupaten Pacitan. Namun, kelapa belum banyak diolah menjadi bahan camilan. Di tangan Veranica In Haryanto, kelapa berhasil diolah menjadi camilan yang unik, enak dan sehat yang dikenal dengan nama Coconut Chips atau keripik kelapa. Coconut Chips diproduksi CV Hyangreksa Karya, di RT 02 RW 04 Krajan Kidul, Nanggungan, Pacitan. 

Panji Coconut Chips 2

Coconut Chips merupakan makanan ringan dari daging kelapa yang dipotong tipis menggunakan mesin, lalu diolah dengan panggangan suhu rendah dalam waktu yang lama. Produk camilan ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya terbuat dari daging buah kelapa asli, kaya serat, tanpa penggorengan, non gluten, tidak mengandung kolesterol, tanpa pemanis buatan dan pengawet. 

“Inovasi olahan kelapa ini berawal dari Lomba Inovasi yang diadakan DInas Pariwisata Kabupaten Pacitan tahun 2019. Saat ini Coconut Chips tersedia dalam enam varian rasa yaitu rasa original, coklat, nangka, doger, pandan dan vanilla,” tutur Veranika In Haryanto kepada TIMES Indonesia, Sabtu (27/3/2021). 

Bersama dengan Co-Founder Rudhi Prasetyo yang juga pemilik Sanggar Seni dan Budaya Lung, coconut chips mengusung tema budaya sebagai merk patennya, yaitu Panji.  “Panji Coconut Chips memiliki misi budaya dan edukasi. Kami melakukan inovasi pada kemasan coconut chips dengan mendesain gambar dan cerita Wayang Beber Pacitan pada kemasannya," tambahnya. 

Ide kreatif ini ternyata mendapat apresiasi dari banyak pihak terutama kalangan budayawan Panji. Pada awal tahun 2020 Panji Coconut Chips lolos kurasi untuk pasar Eropa. “Tapi karena ada pandemi, kontrak kerjasama ini ditunda sampai waktu yang belum kami ketahui. Beruntung, pada pertengahan 2020 kami lolos sebagai 20 besar IKM pemenang Indonesia Food Innovation (IFI) yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian," jelasnya. 

Panji Coconut Chips 3

Saat ini Panji Coconut Chips sudah tersedia di berbagai marketplace dengan nama toko Bionic-a. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES