Wisata

Situs Pasarean, Wisata Religi di Cirebon yang Strategis

Minggu, 28 Maret 2021 - 17:01 | 92.18k
Situs sejarah dan wisata religi Pasarean Cirebon. (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
Situs sejarah dan wisata religi Pasarean Cirebon. (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBONSitus Pasarean menjadi salah satu destinasi wisata religi di Cirebon yang mudah dikunjungi. Masyarakat bisa dengan mudah menemukan destinasi wisata tersebut dengan peta digital. Lokasinya pun berada di pusat pelayanan publik dan Pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Situs pasarean berada di Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Situs ini diharapkan bisa menjadi destinasi wisata religi bagi masyarakat atau wisatawan.

Masyarakat setempat meyakini Situs Pasarean adalah petilasan Pangeran Muhammad Arifin, putra Sunan Gunung Jati.

Situs sejarah dan wisata religi Pasarean Cirebon a

Sehingga, banyak para wisatawan atau tamu dari dalam ataupun luar kota yang datang untuk melakukan ziarah ke Pasarean.

Pengelola Situs Pasarean, Hasan Ashari mengatakan setiap bulan di sepanjang tahun Situs Pasarean aktif menggelar acara religi, budaya, sosial, dan juga seni.

"Harapan kami, acara tersebut menjadi atraksi wisata sebagai daya tarik bagi wisatawan yang mengunjunginya,"ujarnya, Minggu (28/3/2021).

Selain itu, Situs Pasarean diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat ataupun wisatawan yang mengunjunginya.

"Fasilitas Situs Pasarean lengkap, ada lembaga pendidikan anak, museum koleksi benda kuno, auditorium atau pendopo, dan sanggar seni, rumah penginapan, serta sungai luas nan indah sebagai ajang bermain," jelasnya.

Situs pasarean juga dekat dengan zona belanja, yakni batik Trusmi dan oleh-oleh camilan tradisional khas Cirebon. Juga dekat dengan area kuliner Empal Gentong.

Situs sejarah dan wisata religi Pasarean Cirebon b

Sementara itu, Budayawan dan Anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Mustaqim Asteja menjelaskan Cirebon sebenarnya memiliki banyak situs yang cocok dijadikan obyek wisata alam, religi, sejarah, dan budaya.

"Situs tersebar di beberapa desa di Cirebon. Ketika era digital dan disrupsi sekarang, para kuwu mulai bergegas membagun desa wisata dan desa pusaka," pungkasnya tentang banyaknya situs di Cirebon selain Situs Pasarean. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES