Wisata

Situ Bendara, Sumber Mata Air Alami di Indramayu

Minggu, 28 Maret 2021 - 15:46 | 72.78k
Situ Bendara, sumber mata air alami di Indramayu. (FOTO: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Situ Bendara, sumber mata air alami di Indramayu. (FOTO: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Wilayah Kabupaten Indramayu sebagian besar adalah dataran rendah dan pesisir. Namun, siapa sangka jika di Indramayu ada sumber mata air alami yang biasanya hanya terdapat di daerah pegunungan.

Sumber mata air alami tersebut berlokasi di Desa Loyang Kecamatan, Cikedung Indramayu. Oleh masyarakat, sumber mata air tersebut bernama Situ Bendara.

Berbeda dengan sumber mata air di pegunungan, yang biasanya dikelilingi oleh pepohonan dan dataran tinggi. Di Situ Bendara ini, justru terletak di tempat terbuka dan dikelilingi oleh area pesawahan. Hal ini dikarenakan wilayah Indramayu merupakan salah satu lumbung padi terbesar di Indonesia.

Situ-Bendara-2.jpg

Menurut Camat Cikedung, Endhy Yohendi, sumber air yang terletak di Kecamatan Cikedung tepatnya di Desa Loyang ini, keluar langsung dari mata air dan aman untuk dikonsumsi meski tanpa dimasak terlebih dahulu. Bahkan diyakini, sumber mata air ini dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

"Airnya sangat jernih dan segar, saya meminum langsung dari sumber mata air di Situ Bendara Desa Loyang ini. Rasanya sangat segar," ungkapnya, Minggu (28/3/2021).

Endhy menilai keberadaan sumber mata air Situ Bendara menjadi potensi luar biasa bagi Kecamatan Cikedung, dan khususnya Kabupaten Indramayu. Situ Bendara bisa dijadikan sebagai destinasi wisata baru kebanggaan masyarakat Indramayu.

Selain itu, lanjutnya, sumber mata air alami ini bisa dilirik oleh para investor, agar bisa mendirikan perusahaan seperti air minum kemasan yang bahan bakunya bersumber langsung dari Situ Bendara. Sehingga, bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. "Ini luar biasa dan ke depannya harus dikembangkan bersama-sama,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES