Gaya Hidup

Masuk Akhir Pekan, Yuk Tetap Jaga Kebersihan Wajah Usai Beraktivitas

Sabtu, 27 Maret 2021 - 07:16 | 32.82k
Ilustrasi - Exfoliating wajah. (FOTO: journal.sociolla.com)
Ilustrasi - Exfoliating wajah. (FOTO: journal.sociolla.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kebersihan wajah ternyata tidak cukup jika hanya dengan mencuci muka. Rutinitas skin care harian dan mingguan baru disadari manfaatnya akhir-akhir ini seiring beranjaknya usia dan mengenal lingkungan pergaulan yang lebih luas.

Rangkaian perawatan harian pada umumnya untuk yang kompleks terdiri dari sabun wajah, toner, serum, pelembab, make up. Untuk perawatan malam hanya diganti dengan krim malam usai memakai serum.

Untuk skin care mingguan umumnya masyarakat mengenal dengan menggunakan masker.  Selain masker, perawatan satu ini cukup dianjurkan untuk tetap membuat wajah bersih dan terawat yakni exfoliating. 

Exfoliating adalah proses membersihkan wajah dengan menggunakan scrub dari beberapa produk yang disarankan atau cocok. Scrub tersebut akan digosok ke wajah dan dengan durasi kurang lebih 15 menit, kotoran diwajah akan terkurangi.

Selain membersihkan, berikut manfaat jika rutin exfoliating

1. Mengangkat sel kulit mati

Seperti pada ulasan sebelumnya, butiran scrub yang sedikit kasar akan mengikis kotoran seiring durasi waktu kurang lebih 15 menit tersebut. 

2. Mengurangi jerawat

Jerawat timbul bisa jadi dikarenakan kotoran yang menumpuk di wajah. Hal ini jika tidak diversihkan, maka akan membuat bruntusan termasuk jerawat juga. 

3. Melawan tanda penuaan

Exfoliating tidak hanya akan mengikis kotoran, melainkan juga mengikis kerutan halus pada wajah. 

4. Mengecilkan pori-pori

Hal ini disebabkan oleh penumpukan kotoran dan kulit mati. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori semakin terlihat jelas. 

5. Memaksimalkan kinerja produk perawatan lainnya

Dengan rutin exfoliating, maka akan mempercepat masuknya kandungan yang terdapat pada skin care lainnya sehingga hasilnya juga akan maksimal. 

6. Mencerahkan wajah

Untuk kasus ini, terkadang kusamnya atau gelapnya wajah dikarenakan tertutup oleh polusi atau noda selama beraktivitas. Dengan rutin exfoliating, maka akan menyingkirkan polusi tersebut dan menunjukkan warna asli dari wajah tersebut. 

Maka rutinitas skin care memang umumya dilakukan setiap hari, akan tetapi melalui fungsi dari exfoliating kita akan tahu lebih banyak lagi seberapa besar polusi pada wajah kita dan harus dilakukan demi menjaga kebersihan wajah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES