Gaya Hidup

Sambut Ramadhan, Ini Dia Tips Agar Tetap Sehat Berpuasa

Sabtu, 27 Maret 2021 - 08:27 | 71.08k
Sambut Ramadhan di tahun 2021. (Foto: tirto.id)
Sambut Ramadhan di tahun 2021. (Foto: tirto.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak terasa sebentar lagi kita akan kembali menyambut bulan suci Ramadhan. Kurang lebih selama 30 hari akan menjalani puasa dan ibadah mulia lainnya.

Namun tak sedikit beberapa penyakit yang timbul selama berpuasa karena seseorang yang menjalankannya kurang menjaga kesehatan dalam beribadah. Umumnya penyakit yang timbul seperti maag, asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. 

Akan tetapi, hal tersebut dapat dicegah dengan tetap menjaga kesehatan dengan beberapa cara. Berikut tips yang dapat diikuti untuk menghindari masalah kesehatan selama berpuasa:

1. Tidak Makan Pedas, Asam dan Berminyak

Setelah seharian kosong, menurut ahli kesehatan memang kurang bagus jika kita langsung mengisinya dengan makanan pedas, kecut/asam, maupun berminyak. Hal ini akan menyebabkan perut kaget, diare, maupun mual. 

2. Tidak Melewatkan Sahur

Banyak yang beranggapan jika mereka akan baik-baik saja meski tidak sahur. Memang benar, mungkin akan tetap kuat puasanya. Akan tetapi, tidak bagus untuk kesehatan. Karena walaupun kuat menjalani puasa, tubuh tetap memerlukan asupan gizi yang seimbang. 

3. Banyak Minum Air

Selain minuman manis, kita harus tetap memperbanyak minum air. Hal ini karena tubuh terkurangi banyak cairan selama berpuasa. 

4. Kelola Stress

Salah satu masalah lambung adalah maag. Maag timbul tidak hanya dari makanan melainkan pikiran. Dikarenakan selama berpuasa perut akan kosong, maka disarankan untuk mengolah stres. 

5. Makan Secukupnya

Pasti ketika berpuasa, masyarakan akan lebih banyak membeli takjil di pinggir-pinggir jalan. Akan tetapi untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan, cobalah untuk makan secukupnya agar kondisi tubuh tidak dalam kondisi kenyang maupun lapar. 

Itulah beberapa tips untuk menjalani puasa agar tetap sehat. Dengan begitu, jika ibadah puasa Ramadhan lancar, maka dengan senang hati kita akan dapat menjalankan ibadah lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES