Kesehatan

Makanan Berlemak Tinggi Namun Baik untuk Kesehatan

Sabtu, 27 Maret 2021 - 05:48 | 85.89k
Ilustrasi makanan sehat. (Foto: halodoc)
Ilustrasi makanan sehat. (Foto: halodoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakanan berlemak mungkin terkenal sebagai makanan yang berbahaya bagi tubuh. Namun apakah kamu tahu bahwa ternyata makanan yang belemak tinggi itu tidak selamanya buruk bagi kesehatan.

Seperti yang diketahui bahwa tubuh juga memerlukan sejumlah lemak tertentu dari makanan yang dapat membantu tubuh untuk mencerna nutrisi. Lemak yang jahat biasa disebut dengan atau dapat merugikan bagi kesehatan yang disebut dengan LDL (Low Density Lipoprotein). Sementara itu, lemak yang baik untuk kesehatan yaitu HDL (High Density Lipoprotein).

Dan berikut adalah makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi namun baik untuk kesehatan:

1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi. Seperti satu buah alpukat seberat 201 gram bisa mengandung sekitar 29 gram dan juga memiliki kandungan 322 kalori.

Alpukat memiliki kandungan oleic acid yang merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Kacang

Kacang sendiri merupakan makanan yang sangat digemari oleh kebanyakan orang Indonesia. Tetapi siapa sangka bahwa kacang memiliki kandungan lemak yang sangat bagus untuk kesehatan seperti asam lemak omega 6 atau biasa disebut dengan linoleat yang baik untuk kesehatan jantung dan juga memiliki kandungan vitamin E, vitamin B, magnesium, serat, dan protein.

Kacang juga baik untuk penderita diabetes tipe 2 dan juga dapat mencegah resiko obesitas dan penyakit jantung.

3. Coklat Hitam

Coklat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Selain lemak, coklat juga mengandung serat dan mineral seperti zat besi, magnesium, dan tentunya kaya akan antioksidan.

Dan tentu saja saja coklat memiliki banyak manfaat seperti, jika memakan coklat secara rutin tanpa pemanis akan mengurangi risiko penyakit jantung. Coklat hitam juga dapat menjaga kesehatan otak serta baik untuk kesehatan kulit.

4. Ikan

Sudah tidak asing lagi bahwa ikan sangat banyak manfaatnya. Dan juga ikan memiliki kandungan lemak yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Karena ikan mengandung lemak tak jenuh ganda dan asam lemak omega-3. Dipercaya juga mengosumsi ikan secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan Alzheimer.

Beberapa jenis ikan yang mengandung lemak yang sehat, yaitu ikan tongkol, sarden, kakap, salmon, dan juga tuna.

5. Telur

Telur rebus yang memiliki berat 50 gr memiliki kandungan sebesar 5,3 lemak, dan 78 kalori. Telur juga mengandung beberapa senyawa yaitu vitamin D, kolin, serta vitamin B yang baik untuk kesehatan otak, saraf, dan lain-lain.

Itulah beberapa makanan berlemak tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES