Gaya Hidup

Tak Kalah Penting, Ini Kegiatan untuk Isi Quality Time Bareng Buah Hati

Jumat, 26 Maret 2021 - 18:31 | 82.12k
Quality Time bersama buah hati bagus untuk tumbuh kembang sang anak. (Foto: pinterest)
Quality Time bersama buah hati bagus untuk tumbuh kembang sang anak. (Foto: pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meluangkan waktu untuk diri sendiri akan memberi ruang kepada diri untuk lebih bisa bernapas dan berpikir rencana-rencana selanjutnya. Akan tetapi, meluangkan waktu untuk bersama anak-anak juga dapat membantu tumbuh kembang buah hati jadi lebih baik.

Hal ini perlu kita sadari, jika setelah sepekan beraktivitas anak-anak telah kehilangan sisa waktunya bersama orang tua. Di samping itu, orang tua adalah teman terbaik bagi seorang anak terutama disaat dirinya belum mengenal dunia luar.

Berikut beberapa referensi kegiatan mengisi waktu luang bersama buah hati:

1. Mengajak anak memasak bersama

Hal ini selain menambah pengetahuan baru kepada anak, juga akan menambah kedekatan orang tua kepada sang anak. Selain itu, memasak bersama juga merupakan kegiatan yang dapat menciptakan suasana saling terbuka satu sama lain.

2. Mengajak anak bercengkerama

Komunikasi tidak melulu penting digunakan untuk bersosialisasi kepada lingkungan pergaulan sendiri. Komunikasi dengan anak, secara tidak langsung membangun rasa percaya diri pada anak dan akan membuatnya semakin merasa aman dan nyaman bersama keluarganya. 

3. No gadget time

Usahakan ketika sedang bersama anak-anak agar sementara waktu tidak memegang ponsel kecuali jika darurat. Hal ini dimaksudkan untuk dapat merasakan suasana dimana tidak ada hal atau orang lain selain orang tua dan anak. Dengan begitu, anak-anak akan merasa dimiliki dan mendapatkan kasih sayang seutuhnya. 

4. Membacakan cerita sebelum tidur

Saat weekdays, mungkin hal ini jarang dilakukan dikarenakan mempersiapkan tubuh supaya tidak terlalu lelah untuk beraktivitas esok hari. Sehingga sering berusaha untuk tidur lebih awal. Akan tetapi, cobalah untuk sesekali membacakan cerita pengantar tidur kepada anak di akhir pekan. Supaya anak akan merasakan eforia yang berbeda dari hari-hari sebelumnya sehingga merasa bahwa sebenarnya dirinya diperhatikan. 

5. Video Call

Quality Time tidak hanya berlaku untuk orang tua yang masih satu atap dengan sang anak. Akan tetapi, ketika berjauhanpun dapat dilakukan. Salah satunya adalah melakukan panggilan video. Mengapa ?

Selain untuk melepas rindu satu sama lain, video call juga akan membuat sang anak tetap mengingat orang tuanya dan merasa dekat dengan mereka setiap saat. Tahukah Anda ? Video call juga tidak langsung mengajarkan pada anak satu pesan menarik. Yakni apapun yang pergi, pasti akan kembali. 

Maka dari itu, mulailah membangun kedekatan dengan buah hati dari hal-hal kecil. Tidak harus setiap hari, minimal lakukan rutin misalnya seminggu sekali atau saat akhir pekan. Hal ini juga penting untuk tumbuh kembang anak-anak(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES