Wisata

Tiga Sanggar Tari Gandrung Siap Tampil di Festival Harmoni Lombok Barat 2021

Jumat, 26 Maret 2021 - 13:24 | 122.00k
Penari Gandrung asal Desa Dasan Tereng, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. (Foto: Dispar Lombok Barat)
Penari Gandrung asal Desa Dasan Tereng, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. (Foto: Dispar Lombok Barat)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Dinas Pariwisata Lombok Barat (Dispar Lombok Barat) memiliki agenda Festival Harmoni Lombok Barat 2021 yang akan mementaskan Tari Gandrung dan Gendang Beleq secara kolosal. Kegiatan wisata ini  merupakan rangkaian menyambut HUT ke-63 Kabupaten Lombok Barat.

Bagi orang Sasak, Tari Gandrung adalah tari yang dilakukan oleh seorang wanita dan pria dengan diiringi musik tradisonal gamelan Gendang Beleq, puisi dan lelekaq Sasak. Saat pertunjukan, penari wanita terlebih dahulu menari, kemudian penari pria muncul dari belakang saat ditengah pertunjukan.

Festival Harmoni Lombok Barat 2Poster kegiatan wisata Festival Harmoni Lombok Barat 2021. (Grafis: Dispar Lombok Barat)

Kepala Seksi Promosi dan Atraksi Bidang Pemasaran Dispar Lombok Barat Cecillia Umi Kuswandani menjelaskan, Tari Gandrung  juga dapat dikatakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasangan dengan gerakan yang berinteraksi dan diiringi gamelan. 

Di Lombok Barat, Tari Gandrung bisa dijumpai di Desa Dasan Tereng, Kecamatan Narmada, Tari Gandrung Desa Dasan Tereng sudah dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari pemerintah pusat.

“Tari Gandrung Desa Dasan Tereng sudah di SK-kan sebagai WBTB, namun untuk sertifikat tersebut belum kita terima,” ucap Cecillia Umi, di Lombok Barat, Jumat (26/3/2021).

Dalam event Harmoni Lombok Barat, kata Umi, Dispar Lombok Barat akan menampilkan 63 pemain musik tradisional, terdiri dari pemain Gendang Beleq beserta pengiringnya dan 63 penari gandrung. 

"Untuk penari Gandrung, kami melibatkan tiga sanggar tari yaitu sanggar tari Devayoni, Dende Anjani dan Kencana Dewi," paparnya.

Umi menambahkan, tari gandrung di lombok mempunyai kemiripan antara Tari Gandrung Banyuwangi dan Bali. Namun ketiga trian gandrung dimasing-masing daerah memiliki ciri khas yang berbeda, mulai dari gerakan, pakean dan penyajnian.

“Dari Refrensi yang saya baca, sejarah Tari Gandrung  ini sebenarnya berasal dari Banyuwangi kemudian menyebar ke Bali sampai ke Lombok,” tuturnya, saat memberi keterangan terkait persiapan Festival Harmoni Lombok Barat 2021 persembahan Dispar Lombok Barat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES