Kesehatan

Mengenal Overnight Oat, Menu Baru Untuk Sarapan Sehat

Jumat, 26 Maret 2021 - 06:23 | 114.30k
Overnight oats dengan campuran menu sehat lainnya. (Foto: Pinterest)
Overnight oats dengan campuran menu sehat lainnya. (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak menu bisa dinikmati sebagai sarapan sehat. Namun yang terbaru ada overnight oat. Apakah itu?

Overnight Oat merupakan bubur gandum yang disajikan tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Hanya dengan bubur gandum instan lalu dipadukan dengan menu-menu lezat lainnya yang dapat disantap bersamaan kemudian didiamkan selama semalaman, maka overnight oat siap dinikmati.

Overnight oat diketahui juga banyak manfaatnya karena terbuat dari gandum dan sering dipadukan dengan buah-buahan lainnya.

Dengan proses perendaman oats dengan susu selama semalaman, maka nutrisi yang didapat akan jauh lebih banyak. Hal ini dikarenakan anti-nutriens dan toksin sudah terurai. Selain itu jumlah kalori jauh lebih besar dibanding mengonsumsi oats yang sudah dimasak.

Overnight Oats disebut-sebut cocok untuk seseorang yang sedang program diet. Karena kaya akan serat, oats akan membuat kenyang jauh lebih lama.

Makanan yang kaya akan serat juga akan membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung karena kaya akan kandungan senyawa lignan.

Selain itu, overnight oats juga kaya akan zat besi, zinc, fosfor, selenium, juga magnesium. Dengan begitu juga akan mencegah kerusakan sel serta pembentukan DNA. Makanan diet sehat ini tidak sulit untuk dibuat.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 6 sendok makan oatmeal, 400 ml susu kedelai, 2 sendok makan chia seed, 4 sendok makan Yougurt plain, 1 buah jeruk, ¼ buah naga, 6 buah anggur merah, 2 sendok makan granola, 2 sendok makan buah-buahan kering.

Berikut proses pembuatannya:

1. Tuang 3 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan buah kering kedalam jar. Kemudian tuuang juga susu kedelai hingga bahan sebelumnya terendam semua.

2. Tuang 2 sendok makan yougurt kedalam jar tersebut, lalu diikuti dengan chia seed sesudah yougurt. Setelah dimasukkan semua, tutup jar kemudian masukkan kedalam lemari es lalu diamkan semalaman.

3. Keesokan harinya, potong-potong jeruk, anggur merah, dan buah naga sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah dipotong-potong, masukkan potongan tersebut dalam jumlah yang sama kedalam jar. Overnight oats siap disajikan.

Maka tidak perlu lagi repot-repot mencari menu sarapan yang mudah, murah, serta hemat terutama bagi seseorang yang sedang menjalani program diet. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES