Peristiwa Daerah

Abdullah Syukri Nahkodai PB PMII, Lulusan Jerman hingga Santri Mbah Moen

Kamis, 25 Maret 2021 - 12:30 | 125.51k
Muhammad Abdullah Syukri, yang sebagai Ketua Umum PB PMII. (FOTO: Instagram/Abdullah Syukri)
Muhammad Abdullah Syukri, yang sebagai Ketua Umum PB PMII. (FOTO: Instagram/Abdullah Syukri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nama lengkapnya Muhammad Abdullah Syukri. Ia terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) 2021-2023 di Kongres XX di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (25/3/2021). Diketahui, kader PMII Malang itu mengamankan 130 dari 242 suara.

Dalam perjalanan organisasimya, ia pernah menjadi nahkoda di Komisariat PMII Universitas Brawijaya, Malang. Sebelum diamanahi menjadi ketua umum, ia menjabat sebagai Ketua Biro Beasiswa Bidang Hubungan Internasional PB PMII.

Tak bermain di dalam negeri, ia juga diketahui menjadi salah satu inisiator pendirian Pengurus Cabang Internasional PMII di tiga negara seperti Maroko, Taiwan, dan Jerman.

Internal Kampus

Abdullah Syukri pernah menjadi Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Brawijaya, pada 2009-2010, Kongres Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya, dan Ketua KPU FISIP Universitas Brawijaya.

Setelah menamatkan studinya di UB, ia melanjutkan studinya di Universitas Duisberg Essen, Jerman dalam bidang ilmu politik dan pemerintahan dengan beasiswa dari Pemerintah Jerman (DAAD).

Berguru ke KH Maimoen Zubair

Selain di bidang pendidikan formal, Pria kelahiran Cirebon juga mengaji di beberapa pesantren. Mulai dari tanah kelahirannya di Pondok Buntet Pesantren Cirebon, Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang dari 2009-2011. Juga pernah mondok di Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang pada 2012-2015, di bawah asuhan Syaikhina KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Ia pernah mewakili Indonesia pada Forum Perdamaian Dunia di Amerika Serikat (AS) dan Serbia dalam program 1.000 Abrahamic Circles (Agustus-September 2019). Program tersebut diinisiasi untuk membangun perdamaian di antara agama-agama Ibrahim.

Saat ini, ia merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Asy-Syakiroh 2 Buntet Pesantren Cirebon. Ia juga Sekretaris Bidang Pendidikan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren Cirebon. Ia juga mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren.

Selain didapuk jadi Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri kini juga menjalankan aktifitas di Jakarta sebagai Wakil Direktur Center for Indonesian Policy Analysis (CIPA), Indonesian Returning Expert di Korporasi Jerman untuk Kerjasama Internasional, dan Tim Asistensi Staf Khusus Presiden Republik Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES