Ekonomi Indonesia Bangkit

Gelaran KKI Seri I, Pemkot Malang Inginkan Pemulihan Ekonomi Lewat UMKM

Rabu, 24 Maret 2021 - 21:13 | 32.70k
Gelaran KKI Seri I Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Malang, Rabu (24/03/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Gelaran KKI Seri I Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Malang, Rabu (24/03/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MALANG – Gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri I Tahun 2021 digelar oleh Bank Indonesia (BI) cabang Malang. Bertempat di Hotel Santika Premier Malang, Rabu (24/03/2021) gelaran tersebut bertujuan guna meningkatkan UMKM di masa pandemi Covid-19 dalam pemulihan ekonomi di Kota Malang. Hal yang juga diinginkan oleh Pemkot Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji yang hadir dalam gelaran tersebut memberikan apresiasinya dengan gelaran yang dilaksanakan BI Malang berkaitan dengan mengangkat UMKM.

"Sesuai dengan komitmen kami, di tahun 2021 dan 2022 mendatang kita harus bisa mengangkat sektor ekonomi kreatif. Terlebih lagi pemulihan ekonomi ini harapannya nanti adalah penguatan UMKM," ujar Sutiaji, Rabu (24/03/2021).

Dalam komitmen Pemkot Malang, gelaran yang dilakukan oleh BI Malang ini merupakan salah satu contoh yang saat ini sedang dilakukan dalam menjangkau pasar global.

KKI-Seri-I-2.jpg

"Ini bukan hanya offline saja, ini juga daring ya. Artinya jangkauannya lebih luas lagi," katanya.

Sutiaji mengungkapkan dirinya pun telah menyampaikan kepada para peserta KKI yang dimana memang ditegaskan harus bisa mencintai produk Indonesia.

Akan tetapi, guna mencintai produk Indonesia, Sutiaji berpesan harus bisa menjaga kualitas produk yang bisa disejajarkan oleh produk-produk lain hingga international.

"Selain kualitas, kita juga harus bisa bersaing harga. Intinya kita harus menilai dalam persaingan ini. Apalagi kita juga masuk pasar global," ungkapnya.

KKI-Seri-I-3.jpg

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan menyebutkan rangkaian kegiatan tersebut yang sebenarnya juga pernah dilakukan pada tahun lalu. Tujuannya adalah bisa mendorong secara perlahan guna memulihkan ekonomi, khususnya pada UMKM yang saat ini diberi fasilitas.

"Seperti tahun lalu, cuma satu hari saja sudah belasan UMKM dan tembus seratus juta lebih. Saat ini pun juga demikian, jadi kita pelan-pelan pulihkan ekonomi. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini," paparnya.

Selain itu, dikatakan Azka dalam hal ini para UMKM yang harus meningkatkan kualitas, pastinya setiap tahapan yang dilakukan bisa menaikan kelas dengan berbagai aspek.

"Jadi UMKM ini harus naik kelas, karena kualitasnya bisa lebih bagus. Kedua juga manajemen usahanya juga harus bisa lebih bagus," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES