Glutera News

7 Alasan Kuat Olahraga Bikin Awet Muda

Rabu, 24 Maret 2021 - 18:01 | 410.84k
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih sering kali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan Anda pun akan tetap terjaga. Bahkan olahraga bisa membuat awet muda, lho! 

Kekuatan yang didapat dari rutinitas olahraga rutin sangat mengejutkan. Olahraga secara teratur dapat membantu pembentukan otot yang kuat, mencegah penyakit kronis, bahkan membuat pakaian lebih pas di badan.

Tapi ada manfaat lainnya dari aktivitas fisik yang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, beberapa olahraga ternyata mampu membuat Anda terlihat lebih muda dari umur sebenarnya. Tentu saja umur tidak dapat diubah, tapi olahraga nyatanya dapat meningkatkan kesehatan sampai titik di mana membuat orang terlihat lebih muda.

Gluteranews C

Tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Berapa pun usia Anda, aktivitas fisik dan olahraga secara rutin baik dilakukan agar tubuh lebih sehat dan kuat.

1. Olahraga dapat memberikan semangat dan kekuatan

Olahraga sudah seperti minuman energi yang alami, 'menembak' otak dan tubuh sehingga Anda merasa lebih waspada dan hidup. Latihan menempatkan tubuh dalam keadaan bergairah dan lebih bersemangat. 

2. Olahraga dapat meningkatkan gairah seks

"Berkeringat dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk di bawah sabuk, dan lonjakan darah ekstra membuat Anda merasa lebih responsif dan meningkatkan gairah," kata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale School of Medicine.

Olahraga juga dapat menambah kekuatan gairah seks secara psikologis. "Olahraga dapat membuat lebih percaya diri tentang penampilan dan tubuh, dan dapat menempatkan Anda dalam pola pikir yang lebih seksi," jelas Minkin.

3. Olahraga dapat membuat kulit lembut dan bercahaya

Para peneliti dari McMaster University di Ontario membentuk sebuah kelompok kecil yang terdiri dari orang dewasa berumur 20-84 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang berumur lebih dari 40 tahun yang berolahraga secara rutin, memiliki kulit yang lebih kenyal dan elastis seperti kulit berusia 20-30 tahun.

Gluteranews B

Para peneliti mengungkapkan bahwa perbedaan itu tidak ada hubungannya dengan paparan sinar matahari, yang akan membuat umur kulit menua lebih cepat jika tidak memakai tabir surya. Mereka berasumsi bahwa olahraga menciptakan zat tubuh yang dapat membantu memperlambat penuaan pada kulit.

4.  Olahraga dapat memperbaiki postur
 
Selama proses penuaan, kehilangan otot dan perubahan kepadatan tulang dapat membuat Anda kehilangan postur tubuh.

"Hal ini dapat diatasi dengan latihan kekuatan, yang dapat membentuk otot dan kesehatan tulang, terutama di inti dan sepanjang tulang. Anda jadi dapat 'berdiri' lebih tinggi dan terlihat lebih muda," kata Amie Hoff, personal trainer dan pendiri Hoff Fitness di New York.

5. Olahraga dapat meningkatkan fleksibilitas

Penuaan tidak hanya membuat tubuh lebih fleksibel, tapi dapat juga membuat otot dan sendi tetap di tempat, jadi tidak merasa kaku dan reyot. "Olahraga secara teratur, terutama rutinitas peregangan seperti yoga dan pilates, membuat Anda lebih fleksibel," jelas Hoff.

6. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati

Berolahraga dan mengeluarkan keringat dapat membuat lebih bahagia. Hal ini disebabkan oleh endorfin, yaitu sistem kimia tubuh yang bereaksi saat tubuh aktif. 

"Endorfin itu seperti opiat alami," kata Eric Sternlicht, PhD, profesor kinesiologi di Universitas Chapman.
Beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga dapat memicu perubahan neurotransmiter lain yang terhubung ke perasaan menyenangkan, seperti dopamin. Meningkatnya kepercayaan diri yang didapat dari berolahraga juga dapat membantu seseorang jadi lebih bahagia.

7. Olahraga dapat membantu tidur nyenyak

"Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur membantu untuk dapat tidur lebih mudah dan mungkin untuk mengalami tidur REM lebih dalam," kata Frisch.

Tidur dengan baik membantu semua sistem dalam fungsi tubuh bekerja secara optimal, sehingga cenderung merasa stres dan membuat terjaga sepanjang malam. Bahkan, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa setidaknya olahraga selama 150 menit per minggu mampu meningkatkan kualitas tidur sebesar 65 persen.

Banyaknya Waktu Olahraga yang Dibutuhkan

Secara umum, orang dewasa berusia 19–64 tahun disarankan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Jika tidak sempat berolahraga, Anda juga bisa membagi waktu olahraga menjadi 2 sesi per hari, misalnya 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari.

Gluteranews A

Jika selama ini Anda tidak terbiasa berolahraga dan kurang aktif bergerak, cobalah lakukan olahraga secara bertahap. Anda bisa memulainya dengan olahraga yang sederhana dan ringan, misalnya berjalan santai atau naik-turun tangga.

Jenis aktivitas ini bisa membuat detak jantung meningkat dan membuat tubuh banyak berkeringat. Jika tubuh sudah mulai terbiasa, Anda bisa meningkatkan intensitas dan waktu olahraga sesuai kemampuan tubuh. Olahraga secara rutin baik dilakukan untuk orang yang sehat dan memiliki kondisi medis tertentu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES