Kesehatan

Jangan Buang Kulit Buah dan Sayur Ini! Banyak Manfaat

Rabu, 24 Maret 2021 - 15:03 | 45.46k
Ilustrasi (FOTO: liputan6.com)
Ilustrasi (FOTO: liputan6.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah dan sayuran merupakan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah dan sayur memiliki manfaat antara lain, melancarkan pencernaan, menurunkan risiko diabetes, melawan kanker, dan masih banyak lagi. Tetapi apakah kamu tahu bahwa beberapa kulit buah dan sayur memiliki manfaat yang banyak juga loh.

Yuk kita simak berikut adalah macam-macam buah dan sayur yang kulitnya tidak perlu dibuang.

1.      Kulit Pisang

Buah pisang merupakan buah yang banyak digemari oleh semua orang di berbagai mancanegara, termasuk Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat ternyata pisang juga memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan, menyehatkan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Selain daging buahnya yang banyak manfaat ternyata kulit pisang juga banyak manfaatnya loh. Kamu bisa gunakan kulit pisang sebagai peneyembuh luka atau memar. Dengan cara menggosokkan kulit pisang ke area yang luka atau memar. Dan pastinya kamu dapat mengkonsumsi kulitnya, karena di dalam kulit pisang terdapat antioksidan sehat seperti karotenoid dan polifenol yang dapat mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

2.      Kulit Semangka

Siapa sangka ternyata kulit semangka juga banyak manfaatnya loh. Selain daging buahnya yang lezat dan bermanfaat, ternyata kulit dari semangka dapat bermanfaat bagi kekebalan tubuh kamu dan kesehatan kulit.

Kamu bisa campurkan kulit buah semangka pada minuman jus buah lainnya. Atau kamu bisa campurkan dengan smoothie buah kamu.

3.      Kulit Bawang Merah

Kulit bawang memiliki kandungan seperti flavanoid, terutama quercetin. Kandungan ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kulit bawang antara lain bermanfaat sebagai mengatasi kram otot, meringankan gangguan kulit, menurunkan gula darah, dan masih banyak lagi.

4.      Kulit Kentang

Kentang merupakan makanan yang mudah diolah dan banyak sekali manfaatnya. Tapi apakah kamu pernah dengar bahwa kulit kentang juga banyak sekali manfaatnya. Kulit kentang bermanfaat sebagai pemelihara kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, dan dapat meningkatkan daya tubuh. Karena di dalam kulit kentang terdapat kandungan seperti, kalium, serat, vitamin C, dan lain-lain.

5.      Kulit Jeruk Bali

Sudah tidak asing lagi jeruk bali memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Begitupun juga dengan kulit buah yang satu ini. Kulit jeruk bali memiliki kandungan seperti senyawa-senyawa bioaktif seperti flavanoid, alkaloid, vitamin C, likopen, serta yang paling dominan adalah pektin dan tanin yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Seperti dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen dan memerangi tanda-tanda penuaan. Dan juga dapat membantu menurunkan kolestrol.

Kamu bisa menaburkan di atas makanan kamu dengan parutan kulit jeruk bali atau kamu bisa sedukan kulit jeruk bali dengan teh hangat.

Itu tadi sejumlah manfaat dari kulit buah dan sayur untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES