Kuliner

Unik, 4 Makanan Jepang Ini Mirip dengan Makanan Indonesia

Rabu, 24 Maret 2021 - 11:03 | 128.67k
Yakitori dan Sate. (FOTO: Detik)
Yakitori dan Sate. (FOTO: Detik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA –   Jepang dan Indonesia merupakan dua negara yang saling bersahabat dan memiliki kemiripan di banyak bidang. Ternyata, salah satunya adalah kuliner. Sejumlah makanan Jepang memiliki kemiripan dengan makanan Indonesia, baik dalam rasa, tekstur, maupun resepnya.

Dan berikut adalah  4 makanan Jepang yang mirip dengan makanan Indonesia:

1. Yakitori dan Sate

Yakitori dan sate memiliki kemiripan dalam cara penyajiannya, kedua makanan ini sama sama ditusuk ke lidi, kemudian dibumbui, dan yang terakhir dibakar. Perbedaan yang dimiliki kedua makanan ini berada di bumbu, jika sate dihidangkan dengan saus kacang maka yakitori dihidangkan dengan kecap asin. Selain itu perbedaan dari kedua makanan ini terletak pada isi yang ditusuk, yakitori merupakan tusukan daging ayam yang dibarengi dengan jamur dan beberapa sayur.

2. Dango dan Klepon

Dango dan klepon memiliki kemiripan dalam bahan yang ada di dalam beras ketan yang dijadikan bola bola kecil. Kedua makanan ini memiliki kemiripan di dalam bola tersebut terdapat gula, yang memberikan sensasi manis saat kita menggingitnya. Selain itu, kemiripan dari kedua makanan ini sama sama memiliki tekstur yang kenyal. Hanya saja bedanya jika klepon disajikan dengan parutan kelapa dan tidak ditusuk lidi, sedangkan dango tidak menggunakan parutan kelapa dan ditusuk dengan lidi.

3.  Sushi dan Lemper

Sushi dan lemper memiliki kemiripan dalam penyajiannya, kedua makanan ini sama sama menggunakan nasi yang di dalamnya diberi tambahan lauk. Dari segi penampilan pun makanan ini bisa dikatakan mirip karena sama sama dibungkus oleh daun, bedanya kalau bungkus sushi itu nori yang bisa dimakan sedangkan lemper daun pisang yang tidak bisa dimakan. Adapun juga perbedaan lain yang dimiliki kedua makanan ini yaitu lauk yang berada di nasi, jika lemper biasanya diberi daging ayam cincang atau abon maka sushi berisikan lauk daging ikan.

4. Okonomiyaki dan Martabak Telur

Meskipun penampilan dari luar tidak terlalu terlihat mirip, namun jika kita bedah bersama sama okonomiyaki dan martabak telur terdiri dari bahan makanan yang sama. Kedua makanan ini memiliki campuran bahan yang sama seperti sayur, telur, dan daging yang sama-sama digoreng di atas minyak. Jika martabak biasanya disajikan dengan acar maka okonomiyaki disajikan dengan mayonnaise.

Nah, itu adalah 4 makanan Indonesia yang ternyata memiliki kemiripan dengan makanan Jepang. Dari sekian banyak makanan tersebut mana yang paling kamu suka? (*)

  

  

  

  

  

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES