Kesehatan

Turunkan Asam Lambung dengan Makanan Ini

Rabu, 24 Maret 2021 - 10:48 | 48.84k
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAsam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit yang mengiritasi lapisan saluran pencernaan.

Mempunyai penyakit asam lambung tentunya sangat menganggu aktivitas sehari-hari bagi para penderitanya. Biasanya penderita akan mengalami sensasi panas atau terbakar pada dada yang sering diartikan sebagai nyeri pada dada.

Bagi kamu yang mengalami penyakit ini, berikut adalah makanan yang baik sebagai penurun asam lambung

1.      Jahe

Jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat menjadi obat bagi para penyakit lambung. Dan juga jahe terdapat 6-gingerol, 6-shogaol, dan 6-paradol yang berperan penting dalam proses penyembuhan asam lambung kamu loh. Karena itu, jahe dapat mecegah nyeri, mengurangi mual, dan dapat mengurangi pembengkakan.

Kamu bisa gunakan  jahe sebagai bahan campuran makanan kamu atau kamu bisa sedu jahe sebagai minuman.

2.      Pisang

Siapa sangka ternyata buah yang satu ini juga dapat membantu menurunkan asam lambung loh. Pisang memiliki kandungan pektin yaitu serat karut yang baik untuk pencernaanmu dan membantu mendorong makanan makanan agar mencegah terjadi penumpukan kadar asam pada lambung. Pisang juga dapat menetralkan keasaman pada lambung.

3.      Sayuran

Sayuran hijau yang dapat menurunkan asam pada lambung yaitu kembang kol, brokoli, kentang, mentimun, asparagus, kentang, dan buncis. Sayuran ini dapat secara alami menyembuhkan atau menurunkan asam lambung dan juga dapat melancarkan pencernaan kamu loh.

4.      Daging dan Seafood Tanpa Lemak

Bagi kamu yang suka daging atau seafood tetapi memiliki asam lambung tidak perlu khawatir. Karena daging dan seafood yang tidak memiliki kandungan lemak dapat Anda nikmati dan dapat mengurangi gejala refluks. Kamu bisa konsumsi daging tanpa lemak seperti, daging ayam, kalkun, ikan dan makanan laut.

Seperti yang kita tahu bahwa penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan lemak yang tinggi. Karena lemak yang tinggi dapat tertahan di lambung dan dapat memicu otot bawah esofagus mulai rileks sampai akhirnya akan menjadi refluks asam lambung. 

5.      Outmeal

Sudah tidak asing lagi bahwa outmeal merupakan makanan sumber serat yang baik untuk pencernaan. Selain baik untuk pencernaan dan untuk diet ternyata outmeal sangat baik bagi penderita penyakit asam lambung loh. Kandungan serat yang terdapat pada outmeal dapat menyerap asam lambung, sehingga dapat meredakan gejala refluks asam lambung.

6.      Roti Gandum

Bagi kamu penderita asam lambung tetapi juga ingin menjaga berat badan, roti gandum adalah pilihan terbaik. Roti gandum memiliki fungsi sebagai mencegah dan mengelola gejala refluks asam.

Jadi, bagi kamu yang sedang mengalami asam lambung sedang naik, cobalah mengkonsumsi makanan ini agar dapat meringankan gejala refluks asam yang tengah kamu alami.

Sebagian orang yang tengah mengidap Asam lambung memiliki makanan pemicu terjadinya asam lambung sendiri. Jadi, kamu juga harus tetap menjaga dan menghindari makanan tertentu agar asam lambung tidak naik. Kemudia jika kamu sudah dapat mengetahui makanan yang dapat memicu asam lambung, segera lah hindari untuk dikonsumsi dan jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES