Gaya Hidup

Kamu Suka Manis? Ini Dia Alternatif Pengganti Gula dari Bahan Alami

Rabu, 24 Maret 2021 - 09:34 | 62.42k
Madu, salah satu alternatif Pengganti Gula dari bahan alami (FOTO: klikdokter)
Madu, salah satu alternatif Pengganti Gula dari bahan alami (FOTO: klikdokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah umum diketahui bahwa mengonsumsi gula pasir berlebihan tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan obesitas, gula darah dan tekanan darah tinggi, peradangan, tigliserida, bahkan dapat membuat resiko penyakit jantung. Sebelum terlambat, hendaknya Anda segera mencari bahan pemanis alami yang lebih ramah kesehatan sebagai pengganti gula.

Berikut adalah pemanis alami pengganti gula pasir:

1. Gula Aren

Kandungan yang dimiliki gula aren sangat lah banyak. Seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, magnesium, potasium, besi, dan lain-lain yang baik untuk menutrisi tubuh kamu loh. Selain itu gula aren juga mengandung sukrosa dan fruktosa yang dapat menjadi bahan pemanis alami dan juga menyehatkan.

2. Stevia

Meskipun terdengar tidak familiar, ternyata tanaman stevia memiliki banyak manfaat bagi tubuh kamu loh. Stevia sendiri berasal dari ekstraksi daun Stevia rebaudiana yang memiliki zat pemanis alami yang dapat menurunkan kadar gula dan juga darah tinggi.

Selai itu, stevia ini memiliki kalori yang sangat rendah sehingga bagi kamu yang menjalani program diet dan suka dengan yang manis-manis, stevia bisa menjadi solusi kamu.

Bahkan rasa manis yang dimiliki stevia lebih manis dari pada gula pasir biasa.

3. Sirup Jagung

Bagi kamu yang menyukai makanan manis atau minuman manis, sekrang tidak perlu khawatir akan penyakit diabetes. Karena gula pasir dapat digantika dengan sirup jagung yang dimana, pemanis ini lebih aman bagi kesehatanmu. Sirup jagung memiliki kandungan fruktosa yang tinggi biasanya dibuat sebagai pemanis buatan pada makanan olahan atau minuman kemasan.

Tetapi untuk konsumsi yang berlebihan juga tidak baik, karena sirup jagung yang memiliki kandungan fruktosa yang tinggi dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan yang lainnya.

4. Madu

Sudah tidak asing lagi, madu merupakan pengganti gula yang baik untuk kesehatan bagi tubuh. Madu sendiri merupakan sari bunga yang dikumpulkan oleh lebah.

Madu memiliki kandungansendiri memiliki kandungan senyawa aktif yaitu, vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, dan lain-lain yang baik untuk tubuh kamu.

5. Gula Kelapa

Gula kelapa bisa menjadi bahan alternnatif pengganti gula pasir, dan tentu saja gula kelapa lebih menyehatkan daripada gula biasa. Gula kelapa memiliki kandungan, seperti, vitamin C, potasium, magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, dan fosfor.

Gula kelapa juga sangat baik untuk kamu yang sedang menjalani diet loh. Dan juga baik untuk usus kamu karena gula kelapa memiliki kandungan serat.

6. Sirup Maple

Sirup ini biasanya menjadi pemanis yang ditambahkan atau disuguhkan di atas pancake. Sirup ini bisa menjadi bahan pengganti gula secara alami dan tentunya bermanfaat bagi tubuh kamu. sirup maple memiliki kandungan seperti, kalsium, zat besi, potasium, dan lain-lain.

Kamu bisa campurkan sirup maple ke dalam makanan seperti dessert dan minuman kamu loh.

7. Sirup Kurma

Siapa sangka makanan ini bisa menjadi bahan pengganti gula pasir. Kurma memiliki kandungan seperti vitamin B6, protein, zat besi, dan lain-lain.

Meskipun kurma menjadi bahan pengganti gula alami, tetapi dalam mengonsumsinya tetap dalam batasan dan tidak berlebihan karena di dalam kurma mengandung fruktosa, sukrosa, serta glukosa yang dapat membuat obesitas dan diabetes. Jadi harus tetap harus diatur dalam mengonsumsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES