Tekno

Layanan 5G Akan Segera Hadir di Indonesia

Selasa, 23 Maret 2021 - 20:41 | 36.78k
Ilustrasi - Layanan 5G. (FOTO: rcrwireless.com)
Ilustrasi - Layanan 5G. (FOTO: rcrwireless.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTALayanan 5G bakal segera tersedia di Indonesia. Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam Katadata Indonesia Data and Economic Conference 2021, Selasa (23/3/2021).

Airlangga menyampaikan penyediaan layanan 5G merupakan keharusan meski ongkos atau biaya untuk layanan tersebut cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan 4G.

"Berbicara mengenai industri 4.0 mau enggak mau bicara soal 5G karena berbicara autonomus enggak bisa gerak kalau dengan 4G, semua autonomus bergerak dengan 5G," katanya.

Saat ini lanjut dia, pemerintah akan segera menyiapkan prototipe-prototipe walau diketahui 5G biaya service-nya lebih tinggi. Akan tetapi kata dia, tentunya dengan produktivitas otomatisasi tentu dengan kalangan industri mampu menggunakan fasilitas dengan 5G itu.

Ia menjelaskan, meski Kominfo RI belum memutuskan basis teknologi 5G yang akan dikembangkan, pemerintah sedang mengkaji beberapa kawasan yang akan menjadi wilayah dikembangkannya prototipe tersebut.

Selain itu kata dia, tentu pemerintah harus mempertimbangkan persoalan risiko geopolitik yang saat ini tengah berkembang terkait dengan pengembangan 5G.

"Ini menjadi persoalan geopolitik. Layanan 5G adalah urusan geopolitik, jadi kita harus cerdas memilah-milah dan menjaga geopolitik, karena Indonesia adalah negara terbesar di ASEAN dan market digital terbesar. Sehingga ini menjadi perhatian dunia karena kita melihat e-commerce pun yang besar selama ini di Indonesia," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES