Gaya Hidup

Jadi Idola Milenial, Ini Jenis Sajian Kopi dan Manfaatnya

Rabu, 24 Maret 2021 - 04:05 | 87.17k
Biji kopi yang diolah menjadi ebberapa jenis kopi yang berbeda. (Foto: klikdokter.com)
Biji kopi yang diolah menjadi ebberapa jenis kopi yang berbeda. (Foto: klikdokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain bisa dijadikan teman terbaik melenial ketika bersantai maupun bekerja, kopi ternyata bermanfaat untuk kesehatan juga. Kandungan kafein di dalam kopi bagus untuk jantung. Namun, kurang baik bila dikonsumsi setiap hari.

Sajian kopi juga beragam. Setiap jenisnya memiliki khasiat yang berbeda-beda. Berikut ulasannya:

1. Espresso

Dilansir dari kumparan.com, espresso sangat cocok untuk diminum pagi hari diatas jam sembilan pagi. Hal ini bertujuan untuk menjaga hormon kortisol pada kopi agar tetap stabil. Dengan begitu, seseorang akan terhindar dari stres di pagi hari.

2. Latte

Kopi susu ala Italia yang dihiasi dengan kesenian latte pada umumnya ini, dibuat dengan takaran susu 1 banding 3 hingga 1 banding 9. Teksturnya yang encer membuatnya juga cocok dijadikan sebagai hidangan penutup.

Kopi latte dapat melancarkan metabolisme tubuh dan akan mendorong produksi serotonin yang akan membuat otak bekerja dengan lancar. Jadi cocok saja bagi yang memilihnya sebagai teman lembur.

3. Cold Brew

Kopi yang dibuat dengan metode peredaman selama kurang lebih delapan jam ini memiliki tingkat keasaman rendah hingga 70% dibanding kopi biasanya. Hal ini akan dapat mengurangi nyeri otot dan menjaga penikmatnya agar tetap bugar.

4. Cappucino

Kopi yang telah dikenal cukup lama ini dibuat dengan sangat sederhana yakni kopi yang dicampur dengan susu. Selain untuk meningkatkan stamina, kopi cappucino ini diketahui dapat memelihara kesehatan mulut juga mencegah kanker.

5. White Coffee

Kopi yang satu ini disebut kopi yang paling menyehatkan dibanding kopi lainnya. Pasalnya, white coffee memang jauh lebih aman dikarenakan kandungan kafein yang lebih sedikit. Hal ini disebabkan oleh penggilingan biji untuk kopi white coffee digiling dan diolah berulang hingga kefeinnya hanya tersisa sedikit. Dengan begitu, asam quinic dan vitamin B3 dalam white coffee ini akan mencegah terjadinya parkinson, diabetes, serta menjaga fungsi kognitif pada tubuh.

Itulah beberapa sajian kopi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun jangan dikonsumsi berlebihan. Efek sampingnya juga tak bagus buat kesehatan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES