Politik

Hadapi PSU di Halut, PDI Perjuangan: Masyarakat Sambut Kepala Daerah Baru

Selasa, 23 Maret 2021 - 19:59 | 63.08k
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Maluku Utara, Asrul Rasyid Ichsan. (Foto: Dok pribadi Asrul)
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Maluku Utara, Asrul Rasyid Ichsan. (Foto: Dok pribadi Asrul)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang putusan perselisihan hasil pemilihan (PHP), pemilihan bupati dan wakil bupati Halmahera Utara pada Senin (22/3/2021) memerintahkan komisi pemilihan umum daerah (KPUD) lakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Mahkamah mengabulkan permohonan Paslon nomor urut 02 Joel B Wogono dan Said Bajak (JOS) dan membatalkan SK KPU Kabupaten Halmahera Utara Nomor 358 tentang Penetapan Rekap Hasil Suara pada 16 Desember 2020. Dimana pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 01, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi (FM-MANTAP) yang unggul sebanyak 619 suara.

Terdapat empat TPS yang diperintahkan untuk lakukan PSU, yitu TPS 02 Tetewang, Kecamatan Kao Teluk, TPS 07 desa Rawajaya, kecamatan Tobelo, TPS 01 dan 02 desa Supu kecamatan Loloda Utara dan membuat TPS khusus di PT NHM, Gosowong.

Terkait hal itu, DPD PDI Perjuangan provinsi Maluku Utara yang mengusung Paslon JOS mengaku sangat siap menghadapi pemungutan suara ulang. Komunikasi dan konsolidasi partai koalisi, tim pemenangan, pendukung, dan simpatisan juga terus dibangun.

Bahkan, seluruh Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten kota maupun Fraksi DPRD Provinsi akan dikerahkan untuk mengawal kemenangan JOS.

"Putusan MK untuk PSU ini mengindikasikan bahwa masyarakat Halut menyambut pemimpin baru," ucap Sekretaris DPD PDI Perjuangan Malut, Asrul Rasyid Ichsana kepada TIMES Indonesia melalui sambungan telepon seluler, Selasa (23/3/2021).

Asrul optimis, Banteng dan partai koalisi PKB akan memenangkan PSU, meskipun hasil pencoblosan pada 9 Desember 2020 lalu, FM-MANTAP memperoleh suara terbanyak tapi akhirnya tidak berlaku lagi. 

Data yang diperoleh TIMES Indonesia, di TPS 02 Tetewang Kecamatan Kao Teluk, Frans-Muchlis 131 suara, Joel Said 58 suara, TPS 07 desa Rawajaya, kecamatan Tobelo Frans-Muchlis 171 suara, Joel Said 99 suara, pemilih, desa Supu kecamatan Loloda Utara TPS 01, Frans-Muchlis 282 suara, Joel Said 147 suara, TPS 02 Frans-Muchlis 300 suara, Joel Said 172 suara.

"Kami yakin dengan konsolidasi yang dilakukan ini, PSU di empat TPS dan TPS khusus di TPNHM itu kamu akan memenangkan pertarungan itu," tandas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Malut, Asrul Rasyid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES