Politik

Ketua DPR RI Puan Maharani Ingatkan Anggota Dewan Terapkan Etika Politik

Senin, 22 Maret 2021 - 20:14 | 26.39k
Ketua DPR RI Puan Maharani. (FOTO: Dok. DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (FOTO: Dok. DPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan sesama anggota dewan agar menerapkan etika politik dalam perbuatan dan pemikiran demi menjaga kepercayaan publik serta memelihara wibawa DPR RI.

Demikian disampaikan Puan Maharani saat membuka seminar bertajuk 'Sinergi Penegakan Etika Kelembagaan: Penguatan Kualitas Perilaku Etis dan Kapasitas Penegakan Etika Pejabat Publik melalui Peran Partai Politik' di Jakarta, Senin (22/3/2024).

"Penerapan etika politik oleh setiap anggota dewan akan turut memengaruhi tingkat kepercayaan atau trust dari masyarakat kepada DPR," ucap Ketua DPR RI pertama di republik ini.

Puan lanjut menjelaskan bahwa naiknya tingkat kepercayaan publik kepada DPR RI akan memengaruhi kuatnya wibawa dan muruah dewan perwakilan rakyat. Meski demikian, kepercayaan publik terhadap DPR RI tidak naik secara otomatis.

Oleh karena itu, Puan Maharani mendorong seluruh anggota DPR RI untuk mematuhi kode etik, di antaranya mengatur norma-norma selama bertugas.

Ketua DPR RI Puan Maharani berpendapat bahwa partai politik turut memiliki tugas penting memastikan seluruh kadernya yang menjabat di DPR RI memahami etika politik.

"Pemikiran dan perilaku dari para anggota dewan menjadi cerminan dari kaderisasi partai politik yang berjalan di Indonesia," tandas Ketua DPR RI Puan Maharani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES