Kuliner

Sejarah Singkat Lumpia Basah Bandung

Selasa, 23 Maret 2021 - 06:05 | 806.52k
Lumpia Basah. (Photo: Github)
Lumpia Basah. (Photo: Github)

TIMESINDONESIA, JAKARTALumpia Basah merupakan jajanan khas kota Bandung dengan sedikit penyesuaian rasa lokal. Yang membuat makanan ini istimewa adalah karena disajikan dengan oncom, makanan khas Bandung yang terbuat dari fermentasi ampas tahu.

Jika ditilik dari bentuk dan isian, lumpia basah Bandung lebih mirip dengan lumpia ala Vietnam. Namun di negara ini isiannya lebih kepada potongan kecil daging babi dan saturan yang di tumis.

lumpia basah 2FOTO: Github

Lumpia digadang-gadang berasal dari negara Cina. Para pedagang Cina membawa makanan dan memperkenalkan makanan ini ke masyarakat lokal. Sebagaimana mereka memperkenalkan bakso, nasi goreng, bakmi, kwetiau dan lain2.

Makanan ini menjadi populer di beberapa daerah namun tentunya dengan kekhasan isian masing-masing. Seperti Lumpia Semarang dengan rebungnya. Lumpia Basah Bandung dengan oncomnya dan lain sebagainya.

Di Indonesia, makanan ini sering di jumpai di perkotaaan. Di bandung dan Semarang anda dapat menjumpainya hampir diseluruh penjuru kota. Mulai dari kaki lima hingga restauran di hotel berbintang.

Namun dikota lain, lumpia terutama lumpia basah hanya dapat ditemui di beberapa sudut kota terutama restauran Cina.

Di Amerika atau di Eropa, makanan yang digulung dengan rice paper ini sering disebut spring rolls, glass rolls, atau crystal rolls. Bagaimanapun penyajiannya, mau digoreng ataupun disajikan secara fresh.

lumpia basah 3FOTO: Github

Sedang di Australia, makanan ini disebut sebagai cold rolls. Baik di Amerika, Eropa atau Australia, kebanyakan akan menyajikannya dengan isian salad sayuran dan saus kecap asin atau manis.

Apapun sebutannya dan bagaimanapun bentuknya, lumpia basah di Bandung, Semarang ataupun di daerah dan negara lain akan tetap menjadi makanan menyehatkan yang dicari pembeli. Baik karena rasa ataupun karena sisi sehatnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES