Politik

Wagub Jabar Dorong 3 Kepala Daerah di Jabar Segera Dilantik

Senin, 22 Maret 2021 - 12:45 | 81.53k
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum didampingi Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna, saat peresmian Masjid Kassiti di Desa Narawita, Kec Cicalengka Kab Bandung, Senin (22/3/21). (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum didampingi Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna, saat peresmian Masjid Kassiti di Desa Narawita, Kec Cicalengka Kab Bandung, Senin (22/3/21). (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan Pemprov Jabar mendorong percepatan pelantikan tiga kepala daerah antara lain Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur. Wakil Gubernur Jawa Barat mengatakan percepatan pelantikan ketiga kepala daerah tersebut sangat dibutuhkan Pemprov Jabar.

"Oleh karena itu, kami mendorong agar Bupati Bandung, Bupati Cianjur dan Bupati Tasikmalaya terpilih, harus segera membereskan urusan administrasi di tingkat bawahnya. Kalau di tingkat bawahnya sudah beres, segera kirimkan kepada kami tingkat provinsi, dan insya Allah kami akan mendorong ke Kementerian Dalam Negeri untuk segera dilakukan pelantikan. Karena kami juga butuh," tandas Wagub Jabar didampingi Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna, di Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Senin (22/3/21).

Wagub mengakui hingga pihaknya belum menerima surat dari Kemendagri untuk pelantikan ketiga kepala daerah di Jabar. Sekalipun surat Kemendagri sudah masuk ke Pemprov Jabar, jelas Uu, tapi urusan administrasi di bawahnya belum selesai,  maka surat Kemedagri tersebut tidak bisa segera ditindaklanjuti.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum didampingi Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna a

"Karena ini kan masalah administrasi kenegaraan, tidak bisa kita seenaknya mengajukan. Ada norma dan normatif yang harus dipenuhi dari setiap pasangan calon terpilih," tukas Uu.

Ditanya apa pelantikan bisa digelar pada akhir Maret ini, menurut Uu hal itu pun tergantung dari pemerintah daerah.

"Kalau urusan administrasi di tingkat pemerintahan kabupaten sudah selesai, saya kira kita tidak akan lama lagi bisa diajukan untuk segera dilakukan pelantikan," jelasnya.

Pemprov Jabar pun, tandas Wagub Jabar, membutuhkan kepala daerah yang memiliki legalitas definitif untuk melangkah menuju Jabar Juara. 

"Kami juga butuh pemimpin daerah yang memiliki legalitas definitif. Ini dalam rangka kerja ke depan seperti penggunaan dana APBD untuk pelaksanaan pembangunan dan mutasi para pejabat pemerintah daerah. Itu sangat dibutuhkan kepala daerah definitif," kata Wagub Jabar.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES