Entertainment

Festival Batik Jawa Timur 2021, Tonjolkan Keragaman Seni Batik Pandalungan

Jumat, 19 Maret 2021 - 22:22 | 72.10k
Peserta Meotel Jember Singing Star yang masih serangkaian dengan Festival Batik Jawa Timur 2021 tunjuk kebolehan di hari pertama festival. (Foto: Farahilah Maitsa Soraya/TIMES Indonesia)
Peserta Meotel Jember Singing Star yang masih serangkaian dengan Festival Batik Jawa Timur 2021 tunjuk kebolehan di hari pertama festival. (Foto: Farahilah Maitsa Soraya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Setelah merunduk cukup lama karena diterpa pandemi Covid-19, gairah dunia fashion di Kabupaten Jember tampak kembali menggeliat. Hal tersebut bisa dirasakan dengan digelarnya Festival Batik Jawa Timur 2021 dan JeFT 2 (Jember Fashion Trend 2).

Festival yang digelar selama tiga hari berturut-turut, yakni 19 - 21 Maret 2021 di Hotel Meotel Jember, Jalan Karimata, Jember tersebut dimeriahkan berbagai panggung fashion.

Festival Batik Jawa Timur 2021 2

Amir Sidiq Ansyori, Event Director Festival kepada TIMES Indonesia mengatakan, dengan mengambil tema Warna-Warni Jawa Timur, Festival Batik Jawa Timur 2021 ingin menonjolkan keberagaman warna yang tercipta dari karya seni batik khas Jawa Timur. 

Keberagaman tersebut, lanjutnya, dapat memberikan makna bahwa perbedaan itu indah. 

"Dan dapat memajukan industri batik Jawa Timur khususnya di Jember dan kawasan Pandalungan (Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, dan Jember, Red) pada umumnya serta memasyarakatkan pemakaian batik dalam keseharian," kata Amir saat ditemui di lokasi acara.

Festival ini digelar 19 - 21 Maret 2021 dan menjadi etalase mahakarya batik di Jawa Timur khususnya Jember dan batik Pandalungan. 

"Acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa acara yaitu Meotel Jember Singing Star, Pemilihan Puteri Batik Jawa Timur, dan di hari terakhir acara ini akan ditutup oleh Jember Fashion Trend 2nd Edition 2021," terang Amir.

Pada tanggal 19 Maret 2021 acara ini diisi oleh acara lomba bernyanyi yaitu Meotel Jember Singing Star, yang diikuti oleh 58 peserta. 

“Untuk hari ini adalah hari pertama yaitu Meotel Jember Singing Star. Yang mengangkat menggunakan lagu-lagu Indonesia bertema kebangsaan. Kami berharap dengan adanya lagu kebangsaan ini anak-anak lebih tahu dengan lagu kebangsaan di Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, acara ini sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2019 yang bernama Festival Batik Pandalungan. 

Namun berbeda dengan tahun ini, karena pagelaran ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Di masa pandemi kami tidak bisa tinggal diam jadi kami berharap Festival Batik Jawa Timur 2021 ini semua geliat industri fashion maupun industri entertainment ini tetap bergerak dengan protokol yang ada,” harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES