Kuliner

Menikmati Lezatnya Ikan Bandeng Asap Tanpa Duri Khas Gresik

Jumat, 19 Maret 2021 - 19:41 | 228.52k
Ikan Bandeng asap tanpa duri khas Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Ikan Bandeng asap tanpa duri khas Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Selain dikenal sebagai kota industri, Kabupaten Gresik Jawa Timur juga dikenal penghasil ikan bandeng. Olahan kuliner ikan ini pun beragam salah satunya bandeng asap tanpa duri.

Tak hanya memiliki rasa lezat, ikan bandeng ini juga mampu menjaga daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin A, zat besi, dan kaya protein tinggi.

Bandeng Asap Tanpa Duri gresik 2Eko Afif saat membakar bandeng (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

Salah satu penjual, Eko Afif Wijaya mengatakan, meski pandemi Covid-19 olahan bandeng asap tanpa duri miliknya tetap berproduksi serta eksis karena menyiasati dengan penjualan online.

Dalam pembuatan bandeng, Eko memilih bandeng segar hasil budidaya petambak diwilayahnya. Ia pun memproduksi secara home industri di Desa Betoyokauman Kecamatan Manyar.

"Untuk membuat olahan ikan bandeng asap tanpa duri, mula-mula ikan bandeng segar dibersihkan sisik dan kotorannya. Kemudian duri bandeng dicabut," katanya, Jumat (19/3/2021).

Setelah bersih dari duri, ikan bandeng diberikan bumbu dan dibakar menggunakan arang. Nah, kemudian ikan ketika matang diberi bumbu rempah-rempah dan sambal khas.

Agar tetap diminati pelanggan, Eko juga terus berinovasi dengan mengedepankan kualitas produk sehingga ada sejumlah rasa ikan bandeng asap tanpa duri bakar madu, bakar sapit, bakar petis, krispy, kropok hingga otak-otak bandeng, 

"Olahan ikan bandeng tersebut mampu bertahan hingga 2 minggu," ungkapnya menambahkan.

Salah satu pelanggan, Khanif Rosidin mengaku jika bandeng buatan Eko berbeda dengan lainnya karena kaya akan rempah serta sambal yang menggoda. "Selain itu sedap, cocok untuk dimakam bersama bareng keluarga," ujarnya.

Dalam menjual produk, Eko meenfaatkan media sosial seperti instagram dan facebook. Selain banyak diburu pembeli dari wilayah Gresik dan sekitarnya banyak juga pembeli dari luar kota seperti Surabaya, Malang hingga Jakarta

Untuk harga ikan bandeng asap tanpa duri khas Kabupaten Gresik ini bervariatif. "Mulai dari Rp 38 ribu, sudah mendapatkan satu ekor ikan bandeng dengan berat setengah kilogram," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES