Peristiwa Internasional

LPMUKP Taliabu Gelar Sosialisasi Program KKP kepada Nelayan

Jumat, 19 Maret 2021 - 14:00 | 25.87k
Haryadi saat berdiskusi dengan nelayan dan pelaku usaha perikanan di Desa Penu. (foto: Husen Hamid/TIMES Indonesia)
Haryadi saat berdiskusi dengan nelayan dan pelaku usaha perikanan di Desa Penu. (foto: Husen Hamid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TALIABU – Pendamping Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan Perikanan (LPMUKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Haryadi S.Pi menggelar sosialisasi program KKP ke pelaku usaha dan para nelayan.

LPMUKP merupakan program Kementerian Kelautan Perikanan yang membantu modal usaha pada semua sektor perikanan. Program ini nantinya akan memberikan akses modal guna meningkatkan perekonomian pelaku usaha Kelautan dan nelayan.

Haryadi,  kepada nelayan dan pelaku usaha perikanan di Kecamatan Taliabu Timur dan Taliabu Utara Pulau Taliabu mengatakan, KKP RI kini membuka ruang kepada pelaku usaha perikanan dan nelayan untuk maju dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya perikanan dan kelautan.

Haryadi b

"Alhamdulillah di tahun ini, LPMUKP telah masuk di Taliabu. Kehadiran program Kementerian Kelautan dan perikanan ini hadir sebagai sebuah solusi, bagi pelaku usaha perikanan dan nelayan ingin meningkatkan produksi namun modal anggaran menjadi sebuah hambatan," kata Haryadi Jumat (19/20/2031).

Haryadi menambahkan, LPMUKP bisa memberi pinjaman modal usaha yang tidak memberatkan para debitur (pelaku usaha perikanan atau nelayan yang telah diberikan pinjaman modal) dalam pengembalian anggaran modal.

"Kalau sudah diberikan akses modal, pengembalian anggaran  bunganya  tidak memberatkan. Hanya 3 persen per tahun untuk mengembalian pinjaman," ucapnya.

Hariyadi menjelaskan, Progam KKP ini masuk di Kabupaten Taliabu pada tahun 2020 lalu, dan saat ini ada 8 orang yang terdiri dari 2 pelaku usaha dan 6 nelayan yang mendapat pinjaman akses modal.

Ia berharap agar program KPP dapat membantu dan menjadi solusi bagi para pelaku usaha perikanan dan nelayan di Taliabu dalam meningkatkan pendapatan masyarakat yang berkecimpung di bidang perikanan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES