Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Peluang

Jumat, 19 Maret 2021 - 08:21 | 61.06k
Noor Shodiq Askandar.
Noor Shodiq Askandar.

TIMESINDONESIA, MALANG – Didunia ini sebetulnya selalu ada peluang bagi mereka yang mau berusaha, sahabat ngopi pagi. Kondisi apapun, jelek atau bagus, sulit atau gampang, dan lainnya, semua akan dapat dimunculkan sebagai peluang selagi kita melihatnya sebagai tantangan untuk diselesaikan. Bukan sebagai sebab terjadinya sebuah kegagalan. Peluang juga bisa kapan saja, dan seringkali datang begitu saja. Dalam Bahasa guyonan, bisa datang tanpa diundang dan kemudian pergi tanpa berpamitan.

Bagaimana bisa semua keadaan diangap sebagai peluang ? caranya sederhana, lihatlah semua kejadian dari sudut pandang yang positif. Keadaan yang dianggap buruk oleh kebanyakan orang, sebetulnya mengandung peluang bagi mereka yang berfikir positif. Jika diibaratkan jalan yang sangat jelek itu adalah peluang bagi penjual sandal jepit. Pada jalan berlubang itu biasanya banyak pengendara yang jatuh dan yang biasanya rusak pertama kali adalah sandal. Sebagai solusinya, biasanya mencari sandal untuk sementara waktu, sehingga mencari yang murah.

Saat terjadi gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), alhamdulillah diberi kesempatan oleh Allah swt untuk bisa datang dan menemani mereka yang lagi kesusahan. Waktu itu hamper semua orang takut di bawah Gedung, karena takut datangnya gempa susulan. Tidak ada yang berani memasak, merebus air, dan segala pekerjaan dapur. Fenomena ini dilihat sebagai peluang oleh seorang ibu, yang kemudian menjual nasi bungkus dan minuman dengan lauk yang sederhana sehingga harganya terjangkau oleh kantong masyarakat. Masyarakat jadi terbatu untuk memenuhi kebutuhannya, dan pedagangpun mendapatkan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Kalau keadaan buruk saja bisa jadi peluang, apalagi jika keadaan baik. Peluang akan makin banyak yang bisa diambil dan dimanfaatkan.

Yang kedua, berfikirlah kreatif dan inovatif. Ciptakan sesuatu yang baru atau mengolah sedemikian rupa barang lama dengan asesoris baru, juga dapat memunculkan peluang. Kita bisa melihat, kendaraan kendaraan yang beredar di Indonesia tidak setiap saat menampilkan model yang benar benar baru. Akan tetapi, biasanya memodifikasi beberapa hal agar kelihatan ada perbedaan dari tahun ke tahun. Perubahan tersebut bisa menumbuhkan keinginan calon pelanggan untuk mendapatkan yang terbaru, sekaligus sebagai tanda pembeda antara yang dimilikinya dibandingkan dengan orang lain.

Begitulah Allah swt mengatur hidup manusia. Setiap kejadian pasti ada hikmahnya, dan setiap keadaan pasti muncul peluangnya. Yakiniliah bahwa ketetapan Allah swt adalah ketetapan yang terbaik bagi ummat manusia. Bagaiamana dengan sahabat ngopi pagi semua ?

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

_______
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES